Salut! Camat Galela Siap Gantung Baju Keki Jika JOS Menang di MK

0
246
Muhammad Kacoa (Foto : dok. Pribadi)

HARIANHALMAHERA.COM–Camat Galela Muhamad Kacoa, kembali jadi perhatian publik Halut. Menyusul postingan dia yang mengarah pada dukungan salah satu pasangan calon (paslon) di Pilkada. Postingan itu kini sedang diproses Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halut.

Komisioner Bawaslu Halut Iksan Hamiru, selaku divisi Hukum dan Penindakan mengatakan, Muhamad Kacoa, sebelumnya sudah direkomendasikan ke Komisi Sipil Aparatur Negara (KSAN).

“Yang bersangkutan sebelumnya kasus pertama sudah Bawaslu rekom ke  KSAN. Dan untuk kasus saat ini, akan dipelajari serta melihat bukti yang ada. Jika terbukti akan diusulkan menjadi rekomendasi ke KSAN tanpa harus minta klarifikasi dari yang bersangkutan,” kata Iksan.

Ikan menegaskan, sejak awal bagi ASN untuk status dan komentar jelas dilarang. Apalagi saat ini, proses Pilkada masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). Iksan juga berharap agar ASN lainnya tetap menjaga netralitas.

“Saya berharap semua pihak bersabar. Saat ini kita semua masih menunggu hasil atau putusan MK Tanggal 19-24, dan untuk ASN, agar menjaga netralitas dan kode etik sebagai pelayan publik. Jangan ikut-ikutan dalam politik praktis. Apalagi, sampai mengeluarkan status di medsos,” tegas Iksan.

Terpisah Plh Bupati Halut Yudhiahart Noya turut menegaskan, aturan untuk ASN sudah jelas dan sudah dipahami semua ASN yang ada di Halut. “Jika mereka tidak patuh pada aturan yang berlaku, maka akan ditindak tegas,” tegas Noya.

Sementara itu, Muhamad Kacoa saat dikonfirmasi Harian Halmahera mengaku, itu (postingan medsos) adalah haknya. Dia pun akan siap bertanggungjawab jika diberikan saksi. “Tidak ada urusan. Jika melanggar saya siap menerima konsekuensi. Dan jika pasangan Joel-Said menang, saya akan mengundurkan diri sebagai ASN,” kata Kacoa.

Diandaikan pasangan Joel-Said menang, dengan penuh keyakinan dia mengaku lebih baik mundur sebagai ASN dan mengurus kebun serta keluarga. Disinggung soal kabar akan mencalonkan diri lewat Pemilihan Legislatif (Pileg), dia menyebut punya rencana seperti itu. Namun saat ini dirinya masih melihat setuasi dan kondisi, apalagi Pileg masih lama.

“Ikuti saja dulu, apalagi saya tetap yakin FM-Mantap akan menang dalam sengketa Pilkada Halut di MK. FM-Mantap yang akan dilantik sebagai Bupati dan Wabup Halut,” yakinnya.(tr-05/san/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here