95 JCH Halut Siap Berangkat ke Tanah Suci

0
118
ILUSTRASI vaksinasi jamaah calon haji sebelum berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci.(foto: jawapos.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Kementerian Agama (Kemenag) Halut memastikan sebanyak 95 jamaah calon haji (JCH) di tahun 2021 siap berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Kemenag tinggal menunggu informasi dari pusat untuk keberangkatan.

“Sebenarnya ada 96 orang, hanya saja ada satu jamaah meninggal dunia tetapi belum digantikan ahli waris,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Rustam S Jafar.

Disebutkan, keberangkatan haji tahun ini sesuai dengan anjuran pemerintah Arab Saudi, bahwa semua peserta jamaah calon haji harus mengikuti protokol kesehatan, yakni harus melakukan vaksinasi. “Saat ini sebanyak 49 orang JCH telah melakukan vaksinasi pada Kamis (1/4),” terangnya.

“Dalam pecan ini JCH lansia yang usianya sekira 60-80 tahun akan mengikuti vaksinasi tahap dua. Sedangkan yang usianya di bawah 60 tahun belum diketahui kapan vaksinasi. Pastinya semua akan divaksin,” ujarnya.

Disinggung berapa banyak JCH yang sudah terdaftar dan masuk daftar tunggu, Rustam menyebut mencapai 1.600 orang. “Karena itu kami sangat berharap semoga di tahun 2021 ini, semua JCH bisa diberangkatkan. Karena dampaknya pada daftar tunggu, apalagi di 2020 tidak ada keberangkatan,” pungkasnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here