Ziarah dan Bersih-bersih Masjid Jelang Ramadan

0
188
ILUSTRASI ziarah kubur jelang Ramadan dilakukan sejumlah warga muslim hampir di seluruh daerah.(foto: tebuireng.online)

HARIANHALMAHERA.COM–Ramadan, bulan suci umat muslim tak lama lagi. Sebagaimana kebiasaan menyambut Ramadan, umat muslim melakukan ziarah kubur. Selain itu, ada juga di beberapa daerah yang memiliki tradisi unik seperti mandi di sungai, hingga bersih-bersih masjid.

Seperti yang dilakukan warga Desa Lalongah, Kecamatan Galela Utara. Mereka bersama-sama membersihkan masjid yang nantinya akan digunakan untuk beribadah selama bulan suci Ramadan.

Imam masjid Lalongah Samsudin Kanopa mengatakan, pembersihan masjid jelang bulan suci Ramadan adalah hal yang wajib bagi umat muslim karna bulan suci Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa. “Bagi yang beragama Islam tentunya mereka sangat bergembira menyambut bulan suci Ramadan karena di bulan itu ada banyak keistimewaan ,” kata Samsudin.

“Pertama, pahala amal perbuatan akan dilipatgandakan, kemudian dibuka pintu rezeki, dan ketiga Ramadan menjadi bulan ampunan.  Ada lagi satu malam, yakni malam lailatul qadar. Malam yang setara 1.000 bulan. Semoga kita semua bisa dipertemukan dengan malam lailatul qadar,” doanya dan turut diaminkan pengurus masjid Mustar Ngawaro.(tr-05/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here