Kepemimpinan Pj Bupati Halut Banjir Apresiasi

0
134
LAYAK: Pj Bupati Halut Saifuddin Djuba saat menerima LHP LKPD Kabupaten Halut 2020 di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Malut.(foto: Humas Halut)

HARIANHALMAHERA.COM–Saifuddin Djuba, belum lama dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Halmahera Utara (Halut) oleh Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba. Sejak 15 April 2021, kini kepemimpinannya mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan di Halut.

Seperti penuturan John Raimond Pattiasina, salah satu tokoh di Halut. Menurutnya, pasca dilantik, Saifuddin langsung lancarkan berbagai kegiatan. Menurutnya Pj Bupati Saifuddin Djuba sangat bijak, tegas, mampu mencairkan suasana, serta mampu memfasilitasi proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Halut.

“Bisa memfasilitasi serta mengawal pelaksanaan Pemilukada, penegasan soal netralitas birokrat juga berjalan baik. Bahkan, keberadaan di tengah-tengah kelompok masyarakat termasuk kelompok agama juga baik,” kata John.

Senada, Wakil Rektor (Warek) III Universitas Halmahera (Uniera) Selfianus Laritmas yang juga praktisi hukum, menilai Pj Bupati Halut sangat responsif dengan kondisi daerah serta mampu mengawal pelaksanaan PSU pada 28 April kemarin.

“Dedikasi sangat baik dari seorang Pj Bupati, mampu merespon hal-hal yang bersifat fundamental. Hal ini terlihat di PSU kemarin bisa terselenggarakan serta birokrasi saat ini juga makin membaik. Perhatian terhadap kondisi sosial, kinerja birokrat, bantuan pembangunan di rumah ibadah, serta kegiatan keagamaan lain, menjadi ukuran bahwa dirinya tepat diposisikan sebagai Pj Bupati Halut. Bahkan kemarin sempat  menerima penghargaan atas laporan keuangan pemda Halut oleh BPK Provinsi,” terang Selfianus.

Penilaian yang tak jauh berbeda diungkap Yosafat Kotalaha. Sekretaris KNPI Halut itu menilai, Pj Bupati sangat komitmen dengan tugas dan wewenang yang telah dipercayakan. “Pj Bupati memiliki komitmen dan visi yang lugas (lurus dan tegas). Tentu tidak dalam situasi yang mudah sebagai Pj Bupati dengan kondisi PSU Pilkada Halut kemarin, namun bisa terlaksana,” kata Yosafat.(pn/san/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here