Pj Bupati Letakkan Batu Pertama Perpustakaan Daerah

0
131
PENCANANGAN: Pj Bupati Halut Saifuddin Djuba saat prosesi peletakkan baru pertama pembangunan gedung perpustakaan daerah di Desa Gamsungi, Selasa (4/5).(foto: Faisal/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Tahapan pembangunan perpustakaan daerah resmi dimulai. Menyusul peletakkan batu pertama oleh Pj Bupati Halut Saifuddin Djuba, Selasa (4/5). Gedung perpustakaan daerah di Desa Gamsungi, Kecamatan Tobelo, direncanakan pembangunannya selama tujuh bulan.

Diketahui, proyek pembangunan perpustakaan daerah merupakan program Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Pembangunan gedung perpustakaan ini diketahui sudah direncanakan sejak 2020 lalu. Karena pandemic covid-19, sehingga pembangunan ditunda hingga tahun ini. “Pembangunan gedung perpustakaan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui perpustakaan nasional,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Halut, Yulius Maruhu.

“Kami sangat bersyukur karena atas bantuan yang diberikan oleh perpustakaan nasional, sehingga kami dapat membangun perpustakaan yang lumayan besar di Halut, guna mendorong program literasi di Halut,” sambung Yulius.

Disebutkan, sumber alokasi dana pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan sub bidang perpustakaan dengan pagu Rp 9,75 miliar. Namun secara keseluruhan DAK, yang masuk di tahun 2021 untuk perpustakaan sebesar Rp 10 miliar. “Rinciannya, yakni pembangunan gedung layanan perpustakaan sendiri berkisar Rp 9,75 miliar, anggaran konsultan pengawasan Rp 218,2 juta, dan untuk kegiatan penunjang sebesar Rp 31,7 juta,” terangnya.

Sepanjang tahun 2020, lanjut Yulius, Pemkab Halut melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sudah mendirikan perpustakaan desa sebanyak 72 Perpusdes. Kemudian untuk perpustakaan sekolah dasar sebanyak 63, perpustakaan yang berstandar nasional sebanyak 10, sedangkan untuk perpustakaan sekolah menengah atas sebanyak 14, dan perputakaan perguruan tinggi sudah dibangun sebanyak  5 unit.

Sementara itu, Pj Bupati Halut Saifuddin Djuba dalam sambutannya menyampaikan, untuk  pembangunan infrastruktur layanan perpustakaan sesuai standar nasional perpustakaan daerah, perpustakaan ini dibangun untuk akses infrastruktur peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kesejahteraan masyarakat. “Kami berharap agar bantuan yang telah diberikan ini dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh OPD terkait,” tuturnya.

Lanjut bupati, dirinya juga berharap bahwa dengan hadirnya gedung layanan perpustakaan ini, masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan meningkatkan literasi daerah, dan dapat menambahkan inovasi dan kreativfitas, agar generasi muda Halut ke depannya lebih baik. “Semoga dengan hadirnya layanan perpustakaan ini generasi muda di Halut lebih meningkatkan minat literasinya,” imbuhnya.(pn/cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here