Produk Inovatif Kodam Pattimura, Dorong Minat Belajar Siswa dengan Klassku

0
116
PEDULI PENDIDIKAN: Anggota Kodim 1508/Tobelo sedang menjelaskan aplikasi Klassku kepada para siswa.(foto: Kodim 1508/Tobelo)

HARIANHALMAHERA.COM–Sektor pendidikan merasakan dampak signifikan dari situasi pandemic covid-19. Banyak sekolah tutup. Kegiatan aktivitas belajar dilakukan dari rumah. Meski tak jarang kurang maksimal. Penyebabnya dari belum terbiasa, hingga kurangnya dukungan sarana.

Dengan berbagai penyebab itu membuat hampir sebagian besar siswa menjadi malas belajar. Tak ingin berdampak bagi generasi ke depan, TNI hadir untuk membantu mendorong meningkatkan minat belajar siswa. Caranya? Lewat inovasi terbaru yang disebut aplikasi Klassku.

“Program aplikasi Klassku ini merupakan program unggulan Kodam XVI/Pattimura saat ini, yang sebelumnya telah dicanangkan oleh Pangdam XVI/Ptm Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin. Aplikasi Klassku hadir untuk memberikan kemudahan bagi para pelajar sehingga minat belajar siswa meningkat, SDM menjadi meningkat dan unggul,” kata Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra.

Aplikasi Klassku kini mulai diaplikasikan di Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Sejak Selasa (4/5) kemarin, Kodim 1508/Tobelo menyambangi sejumlah sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA sederajat untuk menyosialisasi aplikasi Klassku.

“Aplikasi Klassku hadir sebagai inovasi agar belajar di rumah tetap efektif dan asyik seperti di sekolah. Selain itu, tidak perlu panik untuk menghadapi ancaman tertularnya covid-19, bisa menjaga kesehatan dan kebersihan lebih baik daripada berada di luar rumah,” terang Dandim.

Ditambahkan, aplikasi Klassku merupakan program belajar secara online. Dalam program ini para siswa nantinya akan mendapatkan pendampingan dan tuntunan belajar seperti halnya les privat. “Program ini memang dibuat sebagai upaya nyata untuk mendongkrak kecerdasan anak-anak Maluku dan Maluku Utara,” kata Dandim.

Dikutip dari laman resmi TNI, program Klassku oleh Kodam XVI/Pattimura melihat pentingnya memperlebar akses belajar bagi anak-anak Maluku dan Maluku Utara, sehingga dihadirkan suatu program unggulan. Program Klassku memberikan kemudahan akses secara gratis tentang materi-materi pelajaran baik SD, SMP dan SMA hingga Universitas serta pengetahuan-pengetahuan lainnya.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here