Sepakat Lanjutkan Segitiga Emas

0
153
Wali Kota Tikep Ali Ibrahim (kanan) didampingi Wali Kota Ternate Tauhid Soleman saat memberikan keterangan kepada wartawan

HARIANHALMAHERA.COM–Pergantian Wali Kota Ternate dari Burhan Abdurrahman ke M Tauhid Soleman ternyata tidak lantas menghentikan kerjasama segitiga emas dengan Pemkot Tidore Kepulauan (Tikep) dan Halmahera Barat (Halbar).

Kerjasama yang sudah dimulai sejak lama lalu itu akan terus dilanjutkan. Komitmen ini disampaikan Tauhid kala bertemu dengan Wali Kota Tikep Ali Ibrahim dan jajaran Pemkot Tikep di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tikep. Kunjungan adalah lawatan perdana Tauhid usai dilantik sebagai Wali Kota Ternate 26 April lalu,

”Penting untuk terus ditindaklanjuti sesuai dengan perkembangan dan Kondisi terkini ketiga daerah ini untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama,” terang Ali .

Selain itu terkait dengan percepatan pembangunan Provinsi Malut yang terkonsentrasi di daratan Oba khususnya Sofifi, Ali juga meminta dukungan Taauhid. Apalagi, dalam pembangun sarana dan prasarana infrastruktur di Sofifi itu, Tikep memasukan salah satu kegiatan yaitu pembangunan Jembatan Temadore (Ternate, Maitara, Tidore).

“Saya juga akan mengajak Walikota Ternate untuk bertemu menteri PUPR, dan Tahun ini Tidore juga ditunjuk sebagai tuan rumah Sail Tidore dan STQ tingkat Nasional,” katanya.

Ali berharap Tauhid bisa mendukung kegiatan ini. “Saya akan menyurat ke Ketua umum APEKSI agar semua anggota APEKSI Komwil I-VI dapat mengambil bagian dari hajatan ini,” harap Ali yang juga sebagai Ketua APEKSI (asosiasi pemerintah kota selusuh Indonesia) Komwil VI.

Tauhid sendiri mendukung penuh kegiatan Sail Tidore dan STQ karena dua kegiatan ini akan memberikan manfaat yang cukup besar bagi Kota Ternate sebagai pintu masuk.

“Kalaupun nanti dukungan akomodasi kurang, Ternate siap untuk menjadi tuan rumah bersama mendukung agar kegiatan ini bisa sukses, karena kegiatan-kegiatan Nasional butuh banyak akomodasi,” ucap Tauhid

Pemkot juga rencananya juga akan mempercantik Pintu Masuk utama seperti Bandara dan Pelabuhan untuk menyambut tamu STQ dan Sail Tidore.

“Alhamdulillah saat ini yang perlu kita revitalisasi kembali terkait dengan kerjasama segitiga emas, kemudian di kesempatan yang baik ini, atas nama Pemerintah Kota Ternate akan mendukung segala kegiatan yang menjadi kepentingan bersama baik itu Provinsi Maluku Utara khususnya Tidore Kepulauan maupun antar Kabupaten Kota dalam regional tiga wilayah.

”Beberapa harapan yang menjadi rencana kerjasama seperti jembatan Temadore, saya siap mendukung, karena ini adalah tuntutan kebutuhan pembangunan.” tukas Tauhid. (rri/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here