UAS Tingkat SD Dimulai

0
166
PROKES: Suasana pelaksanaan UAS di SD Negeri 1 Tobelo yang dimulai kemarin Senin (3/5). (foto: Muhrid/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat sekolah dasar (SD) dimulai kemarin. Sesuai jadwal, UAS akan digelar selama sepekan. UAS akan berakhir pada Sabtu (8/5). Demikian penuturan Kepala Bidang (Kabid) SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Halut, Samsudin Jdoge.

“UAS SD akan diikuti sebanyak 1.972 siswa yang tersebar di 203 dari 209 sekolah di Kabupaten Halut. Untuk siswa yang berhalangan karena kurang sehat atau sakit, bisa melaksanakan ujian susulan,” kata Samsudin.

Dia menyebut, dari hasil monitoring di beberapa sekolah, terlihat pelaksanaan ujian bejalan lancar dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. “Semua siswa sebelum dan sesudah mengikuti ujian, diwajibkan mencuci tangan. Saat ujian, wajib mengenakan masker atau pelindung wajah, dan pola duduk siswa diberi jarak,” terangnya.

Terkait soal-soal yang diuji pada tahun ini, Samsudin menyebut, bila tahun sebelumnya Disdikbud yang menfasilitasi penyusunan soal, namun di tahun ini (2021), soal-soal UAS semuanya disusun pijhak sekolah masing-masing. “Ini tidak lain dari program merdeka belajar, jadi dikembalikan ke setiap sekolah masing-masing. Kami (dinas) hanya memonitoring,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SD Negeri 1 Tobelo Robert Pasemanyeku, mengatakan untuk hari pertama pelaksanaan UAS di sekolahnya, dikuti sebanyak 53 siswa. “Tahun ini memang banyak penyesuaian yang dilakukan. Pandemi covid-19 membuat intensitas belajar tatap muka berkurang. Semoga, itu tidak mengurangi kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal ujian. Kami juga berharap pandemi segera berakhir, agar bisa mengajar tatap muka kembali nantinya di tahun ajaran 2022,” ujarnya.

Adrian, salah satu siswa di SD Negeri 1 Tobelo, mengaku sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS. “Semoga saja nantinya saya mendapat nilai yang baik karena saya sudah belajar jauh-jauh hari sebelum UAS,” harapnya.(tr-05/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here