Dorong Bandara PT IWIP Layani Penerbangan Komersil

0
214
Menko Marves Luhut B Pandjaitan bersama tiga menteri lainnya saat meninjau PT IWIP di Halteng

HARIANHALMAHERA.COM–Kunjungan Menteri Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ke PT IWIP belum lama ini, ternyata membawa angin segar terkait akses perhubungan udara di Halteng.

Dimana, baik Menko Marves maupun Menhub, memberikan lampu hijau rencana digunakannya bandara Cekel milik PT IWIP untuk melayani penerbangan komersial.

Bupati Halteng Edi Langkara mengakui sebagai tindaklanjut dari pembicaraan tersebut, kemarin Pemkab sudah melakukan zoom meeting bersama Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub, PT IWIP dan otoritas bandara Sultan Babullah Ternate

“Dalam waktu dekat, dari Dirjen Perhubungan Udara, Pemda, dan PT IWIP akan melakukan kejian, penyiapan administrasi, serta membicarakan beberapa maskapai penerbangan, seperti Citilink dan Wings Air,” katanya.

Pemkab sendiri mengusulkan ada beberapa rute penerbangan yang bisa dilayani seperti Lelilef-Ternate, Lelilef-Manado, Lelilef-Gebe, dan Lelilef-Sorong.

Dia berharap proses komersialisasi bandara Cekel ini segera dipercepat, dalam rangka melayani kepentingan masyarakat. “Diupayakan dalam tahun ini, sudah bisa dilakukan penerbangan umum kepada masyarakat,” ucap Bupati. (tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here