DPMD Kesulitan Gelar Pilkades dalam Kondisi Pandemi

0
171
Wenas Rompis

HARIANHALMAHERA.COM–Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wenas Rompis, mengaku sedikit kesulitan dalam memaksimalkan persiapan pemilihan 54 kepala desa yang tersebar di 13 kecamatan di Halmahera Utara (Halut) dalam kondisi pandemi Covid-19 yang terus meningkat.

“Memang kami akan sedikit kesulitan dalam Pilkades kali ini, Sebab positif covid di Halut terus meningkat,” ucap Rompis saat diwawancarai.

Dia berharap tim covid yang ada di 54 desa mampu maksimalkan tugas dan peran, sehingga pemilihan dapat berjalan baik. “Sudah pasti di hari pemilihan prokes covid akan kami laksanakan, dan semoga tim covid dan panitia Pilkades di desa mampu memaksimalkan peran masing-masing, sehingga pemilihan bisa berjalan baik,” terangnya.

Sejauh ini untuk panitia tingkat kabupaten, menurutnya seluruh dokumen sudah dipersiapkan, dan tinggal menunggu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, setelah itu baru dilakukan pelantikan. “Bulan depan sudah pelantikan panitia Pilkades tingkat kabupaten. Sebab saat ini hanya menunggu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati. Saya juga berharap, Pilkades kali ini dapat berjalan baik. Kami juga terus evaluasi dari pengalaman Pilkades sebelumnya.” ujar, Rompis.

Terpisah, Wakil Rektor III Universitas Halmahera (Uniera) Selfianus Laritmas menyebut, bahwa kunci kesuksesan Pilkades ada pada DPMD, jika mampu mengatur mekanisme Pilkades yang jelas, serta intens membangun koordinasi dengan pihak kecamatan dan lembaga-lembaga yang berkaitan, Pilkades bisa berjalan aman dan lancar.

“Sukses dan tidak tergantung pada peran Dinas PMD, terutama dalam mengatur mekanisme regulasi Pilkades yang jelas. Bahkan dalam kondisi pandemi covid-19 dinas harus intens bangun komunikasi,” tutur Selfianus yang juga praktisi hukum.(san/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here