Komitmen PT NHM untuk Gosowong yang Semakin Hijau

0
250
JAGA LINGKUNGAN: PT NHM saat melakukan penanaman pohon saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Kamis (3/6).(foto: NHM for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Salah satu program dari 18 program yang akan dilaksanakan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) lewat program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) adalah pelestarian alam di wilayah lingkar tambang.

Sebagai wujud komitmen, di internal PT NHM juga tidak mau ketinggalan. Memanfaatkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 5 Juni, PT NHM dikoordinir tim dari Departemen Environmental sudah memulai dengan melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari lomba poster hingga penanaman pohon.

Dengan mengusung tema global ‘Restore Our Earth’ atau Pulihkan Bumi Kita, penanaman pohon dilakukan di area Tuff Yard 2 Site Gosowong dihadiri langsung Direktur Operasional PT NHM, Rafael Nitiyudo serta beberapa anggota Direksi dari Jakarta, Manajemen Site Gosowong, dan para karyawan yang turut berpartisipasi untuk menanam bibit-bibit pohon yang sudah disediakan.

Sebanyak 100 bibit pohon ditanam di area tersebut dan terdiri dari 19 jenis tanaman antara lain Ketapang (Terminalia catappa), Binuang (Octomeles sumatrana Miq.), Linggua (Pterocarpus indicus), Pala (Myristica fragrans), Trembesi (Samanea saman), dan lain-lain.

“Ini adalah momen yang baik untuk kita terus meningkatkan rasa peduli dan menjaga lingkungan kita di Gosowong. Mari jadikan produk Gosowong sebagai emas yang juga ‘hijau’. Kemajuan penataan lingkungan di perusahaan kita harus makin digiatkan, dan manajemen berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan penuh kepada setiap inisiatif dan ekspansi yang dilakukan oleh Departemen Environmental,” kata Rafael, sebagaimana informasi dilansir dari laman NHM.

Diketahui, pelestarian lingkungan menjadi salah satu sektor yang menjadi perhatian serius PT NHM sejak mulai berinvestasi sejak 1999. Hanya saja, komitmen itu lebih giat lagi diupayakan oleh PT NHM yang saat ini sudah berada di bawah bendera PT Indotan.

Program pelestarian lingkungan ini selain dilakukan secara internal oleh perusahaan, juga lewat Departemen Kinerja Sosial (Social Performance/SP) lebih diperluas dengan menggandeng semua komponen yang ada di lingkar tambang untuk bersama-sama menjaga lingkungan di lingkar tambang agar tetap terpelihara demi menunjang kehidupan masyarakat.

Pelestarian alam merupakan salah satu sub program dalam program peningkatan sosial budaya. Program pelestarian alam ini sangat penting dan sangat berkaitan dengan program lainnya. Seperti, pertanian, perikanan, hingga pariwisata.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) tahun naggaran 2020 dan 2021, Divisi Kinerja Sosial (Social Performance/SP) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) kembali menggelar pertemuan dengan menghadirkan stakeholder, khususnya lingkar tambang, pada Sabtu (12/6).

Program PPM PT NHM diketahui merupakan salah satu upaya serius perusahaan untuk mengejawantahkan konsep corporate social responsibility (CSR) dengan tujuan untuk lebih mendorong perekonomian, pendidikan, sosial budaya, kesehatan, dan lingkungan kehidupan masyarakat lingkar tambang, baik secara individual maupun secara kolektif, agar tingkat kehidupan masyarakat sekitar tambang menjadi lebih baik dan mandiri.

“Dalam pertemuan yang berlangsung di pusat pelatihan bisnis PT NHM, Desa Biang, Kecamatan Kao itu, mencetuskan program yang meliputi bidang ekonomi, peningkatan pendapatan, pembangunan klinik, pariwisata, dan sosial budaya. Dari program tersebut juga secara rinci terdapat belasan poin yang prinsipnya menuju kesejahteraan hidup bersama,” kata Irwan Malaka, salah satu personil manajemen SP PT NHM.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here