Pj Bupati Resmikan UMKM Masyarakat Desa Simau

0
185
APRESIASI: Pj Bupati Halut Saifuddin Djuba saat me-launching produk ungula UMKM Desa Simau, Kecamatan Galela, Jumat (25/6).(foto: Faisal/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Mahasiswa Kulia Kerja Sosial (KKS) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) mampu mendorong masyarakat Desa Simau Kecamatan Galela, Halmahera Utara (Halut) dalam kegiatan produktif Melalui UMKM dengan menciptakan produk lokal. UMKM ini mendapat apresiasi dari Pj Bupati Halut Saifuddin Djuba, bahkan hadir langsung membuka launching produk lokal UMKM Desa Simau, Kecamatan Galela, Jumat (25/6).

Pj Bupati yang merupakan putra asli Galela itu, merasa bangga dengan inovasi karya masyarakat Desa Simau bersama mahasiswa KKS UMMU. Rasa bangga itu, karena produk lokal UMKM yang diciptakan yakni minyak kelapa kampung, sari buah kelapa, sari buah pala, telur maleo, dan beberapa kerajinan tangan, di antaranya sosiru dan tikar.

“Terciptanya produk-produk lokal yang baik akan mampu menopang perekonomian masyarakat desa untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, serta bisa mendorong kebangkitan UMKM yang ada di Halut,” ujar Saifuddin, usai me-launching produk lokal.

Lanjut Saifuddin, Pemkab Halut menyambut baik produk unggulan Desa Simau yang bekerjasama dengan mahasiswa KKS UMMU. Sebab produk tersebut memiliki peluang usaha yang mengarah pada kemandirian desa.

Produk ini diharapkan dikelola dengan sebaik-baiknya, jaga kualitas produk, dan jaga hubungan kerja sama dengan baik, sehingga produk-produk ini berkesinambungan, membuahkan hasil untuk kesejahteraan masyarakat dan mendukung meningkatkan kemandirian desa. “Saya juga berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa. Lewat KKS Ini yang telah melakukan satu gerakan substansi dan tujuannya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat bisa meningkat,” kata Saifuddin, mengapresiasi.

Saifuddin berharap, para pelaku UMKM yang produknya telah dipasarkan, terus menjaga kualitas produk dan terus berkariya menciptakan lebih banyak produk produk lokal. “Salah satu yang ditekankan, para pelaku UMKM harus menjaga kualitas produk, serta terus mengembangkan diri untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar,” pungkasnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here