Wembley dan Algojo Keenam

0
78
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate

HARIANHALMAHERA.COM – Menghadapi Jerman di babak 16 besar Euro 2020, ingatan tactician Inggris Gareth Southgate kembali ke masa 25 tahun silam.

Yakni, ketika Southgate dianggap sebagai biang kerok kegagalan The Three Lions menjuarai Euro 1996 di kandang sendiri.

Dalam semifinal di Wembley Stadium kala itu, Inggris dipermalukan Jerman dalam drama adu penalti yang berkesudahan 5-6. Dan, Southgate sebagai algojo keenam Inggris adalah satu-satunya yang gagal mengonversikan tendangan penalti menjadi gol.

Baca Juga: Main Maksimal Bonus Minimal

“Selama dua dekade karir saya sebagai pemain, hanya momen itu yang tak terlupakan. Orang-orang menjulurkan kepala dari jendela mobil mereka dan meneriaki saya sepulang dari Wembley malam itu,’’ kenang Southgate.

Di tempat yang sama, Wembley Stadium, pada Selasa pekan depan (29/6), Southgate tentu tidak berharap memori pahitnya diulang oleh Harry Kane dkk.

Tactician 50 tahun itu sudah menyiapkan kejutan untuk Jerman. ’’Tunggu saja,’’ ucapnya.

Menilik statistik Jerman yang tak terkalahkan dalam empat laga terakhir di Wembley Stadium (semuanya international friendly match), Southgate tidak akan bisa tidur nyenyak.

’Percayalah, di Wembley kami akan tampil berbeda (dari fase grup). Saya bisa menjanjikan itu,’’ tegas der trainer Jerman Joachim Loew.(jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here