Hewan Kurban Tak Perlu Swab

0
169
Ilustrasi : Petugas Kesehatan memastikan kondisi hewan kurban sebelum disembelih (Foto ; Merdeka.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Meski kondisi saat ini tengah terjadi pandemi Covid-19, namun Dinas Pertanian Kota Ternate menyatakan hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha besok, tidak perlu lagi di swab.  Hal ini disampaikan langsung Kadistan Ternate Thamrin Marsoly.

“Saya tidak mendengarkan atau mendapatkan surat edaran Kementrian tidak ada untuk hewan kurban sejauh ini harus dilakukan sweb test” sebutnya.

Kepada wartawan, Thamrin mengatakan tidak ada bukti yang menyebutkan covid-19 menular dari hewan ke manusia juga menjadi landasan.  “Sweb tes terkuali torang ini manusia harus dilakukan sweb test, sejau ini belum ada referensi Covid-19 menular dari hewan” jelasnya.

Sejauh ini juga belum ada bukti bahwa hewan/binatang juga terpapar covid-19.  “Jadi tidak perlu diswab. Lagi pula urusan hewan terkena virus atau tidak, bukan kewenangan kita, itu tugasnya Balai Karantina.

Namun begitu, hewan-hewan kurban ini akan dilalukan pemeriksaan sebelum di sembelih. Pemeriksaan ini lebih pada yang disyaratkan oleh Islam.

Karena itu, hanya hewan yang masuk kriteria yang harus diperiksa yakni harus sudah dewasa berusia di atas satu tahun.  “Kondisi hewan kurban fisiknya sehat, dalam arti tidak ada penyakit dan kulit hewan tidak bisa luka, dan harus jantan, tidak boleh betina. Itu petunjuk agama,” katanya.

Untuk menghindari kerumunan pada saat proses penyembelihan hewan kurban, Distan akan menyediakan beberapa tempat rumah pemotongan hewan kurban. “Karena rumah pemotongan hewan terbatas sebagainya lagi bisa dilakukan di mesjid asalkan menjaga protokol kesehatan” ungkapnya. (tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here