PUPR Malut Targetkan Pekerjaan Talud Tuntas Agustus

0
124
SESUAI TARGET: Salah satu talud dari empat titik pengerjaan yang akan tuntas Agustus.(foto: PUPR Malut for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara (Malut) memastikan pekerjaan talud di samping masjid Raya Sofifi dan tiga titik lainnya tuntas Agustus. Menyusul, hasil pekerjaan keseluruhan empat Talud khusus di Kota Sofifi sudah mencapai 81 persen.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR Saiful Amin saat dikonfirmasi usai pemantauan pekerjaan talud, Senin (26/7),  menjelaskan bahwa satu paket pekerjaan talud terdapat empat kegiatan, di antaranya lingkungan Masjid Raya Sofifi, samping Polda Maluku Utara (SPN di Sofifi), dan Gereja di Desa Galala, Kecamatan Oba Utara, Kota Sofifi. Paket pekerjaan tersebut dianggarkan  senilai Rp 10 Miliar.

Saiful mengatakan, talud yang dibangun ada beberapa tipikal. Untuk Masjid Raya Sofifi akan disesuaikan dengan kondisi sungai dari Kantor DPRD Provinsi Malut. Kemudian talud Gereja di Desa Galala akan diikuti sesuai lebar sungai. Sedangkan samping Polda Maluku Utara desainnya disesuaikan karakteristik sungai, tetapi pihaknya akan menambahkan ketinggian talud.

“Kenapa kita menambahkan ketinggian talud karena kita mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan dikemudian hari ketika Kota Sofifi kedepan pemukiman semakin banyak, sehingga kita mengantisipasi masalah seperti itu,” ucapnya.

Menurutnya, talud sungai samping gereja galala pekerjaannya sudah mencapai 100 persen, kemudian samping Polda sudah diatas 90 persen. Namun, satu paket paket yang terdapat empat titik, sehingga keseluruhan mencapai 81 persen.

“Pekerjaan yang sudah mencapai 81 persen ini akan berakhir di Agustus, sesuai dengan masa akhir pekerjaan,” tuturnya.

“Sungai yang di Galala  akan terkoneksi dengan talud di samping penginapan Yusmar Sofifi, agar air mengalir satu titik,” tambahnya.(ad/lfa/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here