Tahun Ini Hiri Nikmati Air Bersih

Bangun Pipa Lewat Bawah Laut

0
115
Mohtar A Salam

HARIANHALMAHERA.COM–Keinginan warga Pulau Hiri untuk menikmati air bersih dalam waktu dekat segera terwujud. Plh. Balai Wilayah Sungai, Malut, Mohtar A Salam mengatakan, pasokan air bersih ke Hiri ini akan dilakukan lewat jalur laut.

Air bersih yang dipasok ke Hiri ini diambil dari salah satu sumur bor yang akan dibangun di Kelurahan Sulamadaha. Ini mengingat di Pulau Hiri sendiri tidak tersedia air tanah.. Dari sumur itu, akan dibangun pipanisasi dibawah laut  hingga ke Pulau Hiri.

Pengeboran di Sulamadaha itu rencana ada dua lokasi.¬† “Untuk pengeboran diduga titik ini juga sesuai usulan Pemkot melalui PDAM. Sementara masih dilakukan survei untuk penentuan titik pengeboran melalui Kementrian,” katanya

Disinggung soal pengeboran wilayah Ngade yang memiliki Danau Ngade sebagai sumber mata air, Mohtar mengakui, di Danau Ngade tidak bisa dilakukan pengeboran karena mengancam keberlangsungan Danau Ngade sendiri.

Sementara itu, proyek pengeboran air bersih dan bak penampung yang dibangun BWS di Fitu telah diresmikan dan diserahkan ke Pemkot Ternate melalui PDAM untuk dikelola. Dimana dengan penyerahan aset tersebut, maka perawatannya kedepan menjadi tanggung jawab PDAM.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here