The Citizens Juaranya

0
95
Raheem Sterling dan Ferran Torres

Turnamen mayor kerap menjadi ajang pembuktian para pemain yang tersingkirkan di klub. Beberapa nama membuktikannya hingga perempat final Euro 2020 yang dimulai besok (2/7).

HARIANHALMAHERA.COM – Harry Kane memang mencetak gol terakhir Inggris saat menyingkirkan Jerman di babak 16 besar kemarin (30/6). Tapi, sebelum bomber sekaligus kapten Inggris itu pecah telur di Euro 2020, ada Raheem Sterling yang menyelamatkan lini serang The Three Lions.

Bagaimana tidak, Sterling mencetak tiga gol The Three Lions lainnya di Euro 2020. Setiap kali wide attacker Manchester City itu mencatatkan namanya di papan skor, The Three Lions selalu meraih kemenangan.

Padahal, Sterling mendapat panggilan dari tactician Inggris Gareth Southgate dengan rapor tidak memuaskan sepanjang musim lalu. Pemain 26 tahun berjuluk Heemio tersebut kerap terpinggirkan dari starting XI The Citizens alias kalah bersaing dengan Phil Foden.

Rekan Sterling itu juga masuk skuad Inggris di Euro 2020. Tetapi, setelah menjadi starter dalam dua laga awal, Foden mulai ditepikan
Southgate. Sebaliknya, Sterling selalu dipercaya sebagai starter.

“Sterling telah membuktikan kritik terhadapnya sepanjang musim lalu tidak benar. Di Euro kali ini, dia bekerja sangat keras dan banyak berkontribusi,” kata gelandang bertahan Inggris Declan Rice kepada NBC Sports.

”Kami dikritik tidak mencetak banyak gol sejauh ini, tetapi Sterling telah mencetak banyak gol,” imbuh pemain West Ham United tersebut.

Selain Sterling, ada lagi pemain The Citizens yang terpinggirkan musim lalu, tetapi produktif di Euro 2020. Dia adalah winger Spanyol Ferran Torres.

Musim lalu Ferran mungkin masih bisa dimaklumi kesulitan menembus starter City. Sebab, pemain 21 tahun itu memang baru bergabung dengan The Citizens dari Valencia CF.

Di Euro 2020, Ferran tampil moncer dalam dua laga terakhir La Furia Roja. Masing-masing menyumbang satu gol saat mengalahkan Slovakia 5-0 (24/6) serta menorehkan satu gol dan satu assist ketika menyingkirkan Kroasia di babak 16 besar (29/6).

Untuk pemain yang baru 15 kali tampil membela La Furia Roja, torehan delapan gol Ferran tergolong produktif.

Ferran memberikan alasan tentang performa moncernya di Euro 2020. Yaitu, karena kepercayaan penuh yang diberikan entrenador La Furia Roja Luis Enrique. ”Dia sangat piawai dalam memotivasi pemain (yang tidak menjadi pilihan utama di klubnya, Red) untuk tampil bagus bersama tim ini (La Furia Roja, Red),” bebernya kepada Marca.

Seiring performa apik Sterling dan Ferran, fase perempat final Euro 2020 sekaligus menunjukkan banyaknya penggawa City yang masih eksis.

Selain mereka, ada Foden, John Stones, dan Kyle Walker (Inggris). Lalu, Rodri Hernandez dan Aymeric Laporte (Spanyol) serta Oleksandr Zinchenko (Ukraina). Status Eric Garcia (Spanyol) pun masih pemain City di awal turnamen sebelum resmi berganti penggawa FC Barcelona per hari ini (1/7).(jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here