Usulkan Salahuddin Bin Talabuddin jadi Pahlawan Nasional

0
75
Salahuddin Bin Talabuddin

HARIANHALMAHERA.COM–Penetapan Sultan Baabullah Datuk Syah sebagai Pahlawan Nasional oleh pemerintah tahun lalu, turut mendorong elemen di Malut mulai mengusulkan nama-nama tokoh untuk menjadi pahlawan Nasional.

Salah satu nama yang kini tengah diusulan menjadi pahlawan Nasional yakni Salahuddin Bin Talabuddin. Usulan ini datang dari Yayasan The Tebings Malut.

Ketua Yayasan yang juga Rektor Unkhair Ridha Ajam mengatakan Haji Salahuddin Bin Talabuddin layak diperjuangkan sebagai pahlawan naisonal, karena dianggap tokoh yang lahir dari masyarakat, dan memiliki wawasan kebangsaan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan.  “Sehingga kami membuat desain proposalnya, kemudian datang mempresentasikan dihadapan pemerintah daerah,” terang Ridha.

Dikatakan, Tim Peneliti dan Tim Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) ini diambil dari beberapa akademisi dari Unkahri Ternate, serta unsur dari Pemkda. Sehingga, sudah memenuhi unsur sebagaimana ketentuan. “Tinggal bagaimana dukungan dan komitmen Pemerintah Daerah, untuk sport kerja-kerja tim pengkaji maupun tim penyusun, agar bisa dengan cepat menyediakan naskah akademik, dalam memperjuangkan haji Salahuddin Bin Talabuddin sebagai pahlawan Nasional,” terangnya.

Dia berharap dokumen dan naskah akademis ini bisa dilengkapi agar bisa segera diusulkan ke pusat tahun depan. “Yayasan The Tebings ini hanya berhak mengusulkan, karena kami beranggapan tokoh layak diperjuangkan menjadi pahlawan Nasional,”harap Ridha.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Halteng) Salmun Saha usai rapat konsulidasi dengan TP2GD ini menuturkan dalam rapat itu membahas langkah-langkah persiapan dan prosedur mekanisme, serta tahapan-tahapan dalam pengusulan. “Jadi kami juga akan membentuk tim penyusun akademik daerah, dan akan di kaji lagi oleh tim TP2GD,” katanya.

Pengusulan Haji Salahuddin Bin Talabuddin sangat di respon bupati. “Karena ini sangat penting bagi masyarakat Halteng,” tukasnya. (tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here