Potensi 4 Dapil, Parpol Mulai Susun Strategi

0
322
Sefriando Bitakono, Komisioner KPU Halut

HARIANHALMAHERA.COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut telah melakukan pemetaan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk penambahan kursi DPRD pada tahun 2024 mendatang. Jika sebelumnya Halut hanya memiliki 3 daerah pemilihan (dapil), Pileg 2024 nanti Halut bisa memiliki 4 dapil.

Informasi diperoleh, dapil I Tobelo akan dibagi menjadi dua dapil. Yakni dapil Tobelo dan dapil Tobelo Utara. Pemisahan ini terjadi karena ada peningkatan penduduk di daerah tersebut. KPU Halut sudah mendapat surat secara resmi dari KPU RI, terkait dengan potensi penambahan 30 kursi untuk kursi legislatif 2024 mendatang.

Komisioner KPU Halut Sefriando Bitakono saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa seharusnya pada Pileg kemarin Halut sudah bisa penambahan kursi, namun jumlah penduduk tidak diperhatikan. Saat ini KPU Halut berkoordinasi dengan Dukcapil Halut untuk meminta data penduduk, sehingga pada Pileg mendatang Halut sudah harus mencapai 30 kursi untuk DPRD.

BACA JUGA : DPRD Halut Potensi 30 Kursi

“Jumlah penduduk saat ini sekira 200.596 jiwa yang sudah terdaftar dan ini berpotensi penambahan kursi. Kami sudah mendapatkan surat resmi dari KPU RI terkait dengan pembagian dapil dan penambahan kursi, kami tinggal membalas surat KPU RI. Saat ini masih dalam proses,” ungkapnya.

Menanggapi kemungkinan penambahan dapil dan jumlah kursi legislatif, Ketua DPC Partai Hanura, Sahril H Rauf saat dikonfirmasi mengaku sudah punya pandangan politik terkait penambahan kursi pada pemilihan serentak 2024 yang akan datang.

Menurutnya, jika sudah menjadi ketetapan 4 dapil maka setiap dapil itu sudah harus menjadi bagian dari kinerja partai politik. Hanura sudah membuat pemetaan ketika terjadi pemekaran, khususnya di Dapil Tobelo yang terbagi menjadi 2 dapil. Sudah menjadi bagian dari kajian strategi politik kita untuk bisa memperoleh kursi di masing-masing dapil.

BACA JUGA : KPUD Mulai Siapkan Penataan Pemilihan Dapil

“Target kedepannya Hanura bisa memperoleh kursi pada dapil yang baru seperti yang saya sebutkan tadi. Bagi Hanura ini bukanlah tantangan, tapi ini adalah sebuah peluang. Jadi secara manajemen politik akan mereposisi kader-kader terbaik untuk ikut bertarung,” jelasnya, Minggu (29/8).

Sementara Ketua PKB Halut Irfan Soekoenay mengaku pihaknya sangat mendukung atas pembagian dapil karena ini menjadi peluang bagi PKB untuk memperoleh kursi yang lebih banyak dan menargetkan pimpinan DPRD. “Jika ini benar pembagian dapil dan penambahan kursi, kami target unsur pimpinan DPRD kedepan dan mengantarkan minimal 1 anggota DPRD Provinsi dapil Halut-Morotai. Sebab PKB sudah punya skema pemenangan menuju 2024,” tuturnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here