PT NHM Terima Penghargaan Recovery Tanggap Darurat Bencana dari PMI Halut

0
229
UNTUK KEMANUSIAAN: PMI Halut mengapresiasi program kemanusiaan berupa kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana PT NHM, khususnya dalam bantuan bagi korban banjir Januari lalu.(foto: PMI-NHM for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menyerahkan plakat penghargaan kepada PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang saat ini berada di bawah bendera PT Indotan Halmahera Bangkit. Penghargaan itu diberikan atas kerjasama kemanusiaan dalam Penanggulangan Tanggap Darurat Bencana (TDB) Banjir di Halut yang terjadi pada 16-17 Januari 2021, lalu.

Diketahui, PT NHM menyerahkan bantuan pembangunan dan perbaikan hunian sementara (huntara) untuk penyintas korban bencana banjir Desa Roko yang berada di Kecamatan Galela Barat pada Maret lalu melalui PMI Halut.

Pekerjaan pembangunan hunian sementara itu dikerjakan langsung oleh relawan PMI Halut selama kurang lebih 1 minggu. Kemudian huntara tersebut langsung ditempati pengungsi/penyintas selama 3 bulan (Maret, April, dan Mei) dan pada Juni pengungsi/penyintas tersebut kembali ke rumah masing-masing.

Penghargaan itu diserahkan langsung Plh Ketua PMI Halut A Rahman Tjereni kepada PT NHM di Kantor Perwakilan PT NHM di Tobelo yang diterima Specialist Social Performance PT NHM Dodi Wirawan Panudu.

Dalam kesempatan itu, Plh Ketua PMI Halut A Rahman Tjereni mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada PT NHM atas kerja sama dalam program recovery Tanggap Darurat Bencana (TDB), yaitu pembangunan dan perbaikan huntara untuk penyintas (pengungsi) korban bencana banjir Desa Roko, Kecamatan Galela Barat, sebanyak 33 Kepala Keluarga (KK), operasional layanan distribusi air bersih, dan sanitasi.

“Atas nama PMI Halut dan masyarakat penyintas Desa Roko yang kini telah kembali ke rumah masing-masing, kami ucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan saat itu, sehingga bisa tercipta keadaan pengungsi yang layak untuk nilai kemanusiaan,” ucapnya.

Rahman juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Direktur (Presdir) sekaligus pemilik PT NHM H Robert Nitiyudo Wachjo yang selalu berkontribusi untuk masyarakat Halut, juga kepada Amin Anwar selaku perwakilan PT Indotan Halmahera Bangkit yang telah meluangkan waktu dan tenaganya yang turun langsung melakukan monitoring ke lokasi pengungsi di Desa Roko Kecamatan Galela Barat pada 8 Maret lalu.

Sementara Specialist Social Performance (SP) PT NHM Dodi Wirawan Panudu, menyampaikan terima kasih atas apresiasi serta penghargaan yang diberikan PMI Halut kepada PT NHM. “Atas nama management PT NHM kami menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan. Semoga kerjasama kemanusiaan ini kedepannya menjadi pilar kebangkitan untuk kemaslahatan masyarakat Halut khususnya, dan Maluku Utara umumnya,” tuturnya.(cw/dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here