Premium di Patani Barat Tembus Rp 20 Ribu/Liter

1
345
Ilustrasi : Premium (Foto : net)

HARIANHALMAHERA.COM–Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium tengah melanda Kecamatan Patani Barat (Patbar) Halmahera Tengah (Halteng)

Akibatanya, satu-satunya bahan bakar untuk kendaraan bermotor itu harganya di kapangan pengecer melonjak dratis. Jika biasanya satu liter Premium dijual Rp 10 ribu hingga Rp 11 ribu per liter, hingga malam tadi sudah menembus Rp 20 ribu /liter.

Noho Hi Nasir, salah satu penjual Premium di Patbar menuturkan, kenaikan harga Preium ini disebabkan BBM stok preium bensin diambil dari wilayah Sofifi, Tobelo dan Haltim. Dengan jangkauan yang jauh itu, jika dijual dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 11 ribu per liter tentu mereka akan merugi.

“Kelangkaan prerium ini sudah hampir 7 bulan terakhir. Karena stok untuk Patani Barat sudah tidak masuk. Namun, dititipkan di pangkalan Patani Utara,” katanya.

Terpisah, Kepala Bagian ekonomi dan pembangunan (ekbang) Halteng Nurlela Samad menuturkan, tahun kemarin memang ada subsidi Premium. Namun, saat ini sudah tidak ada lagi.

Soal kuota Perium yang di alihkan dari Patbar ke Pantura, disebabkan pemilik masih mengurus izin pangkalan, sebab khusus Patbar baru berstatus Sub pangkalan.  “Mungkin kendala apa kami juga belum terlalu mengetahui, hanya laporan dari pemilik sementara waktu jatah BBM di titipkan ke Patani Utara,”terangnya.

Saat ini, subsidi Premium dari Pemda tinggal 2 persen. Namun, sudah tidak bisa di salurkan karena rencana ada pemotongan nol persen untuk BBM bensin Kuning dari Pusat. “Jadi untuk stok BBM Patani Barat masih dititipkan ke Pantura,”tutup Kabag. (tr1/pur)

 

1 KOMENTAR

  1. Jadi sy luruskn y bhw premiym itu bukan mndapt daba 2% dari pmda tapi dari pemerintah pusat premium sendiri sdh tdk termasuk dlm jenis bbm subsidi cuma masi ada tambhn dari pemerintah pusat sebesar 2% sehingga sehingga masih dlm pengawasan penerintah kemudian terkait bbm yg lngkah mmng henis premium itu rencnanya mau dinolkan atau ditiadakn utk halteng yg dari pertamina ternate sdh tdk masuk lagi kemudian utk calon sub penyalur Patani Barat semntara vlm akrif kareba ada satu dn lain hl namun kenarin sya mendapat indormasi dari yg bersangkutan insyaa Allah bulan depan Alhamdulillah akn aktif lagi
    Utk jatah kuota Patani Barat dititipkn k Sub penyalur patani utara
    Sekedar info kalau bokeh oerbiasakanlah memakai bbm yg oktanya tinggi seperti pertalite dn Pertamaks agar mesin ke daraan kita aman dn awet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here