Wagub: Perikanan Budidaya di Malut Capai Rp 3.000 T/Tahun

0
53
M Al Yasin Ali (Foto ; Kieraha.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Sebagai provinsi yang memiliki sumber daya perikanan yang begitu melimpah, namun pengelolaan sektor perikanan di Maluku Utara sendiri ternyata belum digarap secara optimal, terutama perikanan budidaya.

Sebab, menurut Wakil Gubernur (Wagub) M Al Yasin Ali, perikanan budidaya potensinya lebih besar dianding perikanan tangkap, dan perikanan tabka.

Dimana, data BPS (Badan Pusat Statisik) menyebutkan potensi perikanan budidaya di Malut dalam setahun mencapai kurang lebih Rp 3 ribu triliun per tahun.

“Potensi perikanan budidaya di Maluku Utara itu 16 kali lipat lebih besar daripada perikanan tangkap, hanya saja belum dioptimalkan,” akui Wagub saat membuka rapat kerja teknis dan seminar perikanan budidaya di aula Bidadari kantor Bupati Halmahera Barat Rabu (24/11).

Dibidang perikanan budidaya, Malut memiliki beberapa komoditi unggulan yang masih terus dikembangkan. “Sebab selain mampu menggerakkan sektor ekonomi, juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Mantan Bupati Halteng menambahkan, saat ini sektor perikanan budidaya baru memberikan sumbangsih 40% bagi perekonomian nasional, namun prospeknya sangat potensial dimasa depan.

Oleh sebab itu, Pemda terus berupaya mengembangkan perikanan budidaya melalui pengembangan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta manajemen dan penguasaan teknologi bagi para pelaku perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

“Pemerintah daerah juga telah melakukan pengembangan kawasan-kawasan strategis diseluruh kabupaten dan kota yang dapat dijadikan sebagai kawasan sentral produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya,” terangnya.

Karena itu, lewat rakernis dan seminar perikanan budidaya ini, dia berharap dapat melahirkan program-program yang konstruktif dan sesuai dengan arah dan kebijakan pembangunan perikanan budidaya Malut yang lebih maju.

“Saya berharap para pelaku di sektor perikanan agar dapat terus berkreasi, bekerja keras dan bekerja cerdas dalam memajukan sektor perikanan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Maluku Utara”, pungkasnya. (lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here