HalutPT Nusa Halmahera Minerals

Aksi Kemanusiaan ERT NHM Diapresiasi KESDM

×

Aksi Kemanusiaan ERT NHM Diapresiasi KESDM

Sebarkan artikel ini
PEDULI BENCANA : Tim Tanggap Darurat/ Emergency Response Team (ERT) PT Nusa Halmahera Minerals (PT.NHM) Turut Membantu Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru di Kab. Lumajang (Foto : NHM)

HARIANHALMAHERA.COM–Tim Tanggap Darurat/ Emergency Response Team (ERT) PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) yang berada di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur sejak 8 Desember 2021 terus melakukan sejumlah aksi kemanusiaan pada masyarakat setempat, yang terdampak erupsi gunung Semeru.

Meski tim ERT PT NHM dikirim sebagai bentuk peduli korban gunung Semeru itu tergabung dalam Tim Siaga Bencana dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Minerals (KESDM). Namun, gerakan yang dilakukan tim ERT NHM ternyata disalut KESDM dan diberi apresiasi.

Menurut Manajer Komunikasi PT NHM, Ramdani Sirait, bahwa dari laporan ERT PTNHM di Lumajang, dimana aksi kemanusiaan yang dilakukan adalah distribusi logistik kebutuhan masyarakat yang terdampak erupsi, pelayanan kesehatan bagi yang mengalami ganggung kesehatan, serta bersama-sama dengan tim lainnya melakukan pencarian korban yang tertimbun debu akibat erupsi.

Tim Tanggap Darurat/ Emergency Response Team (ERT) PT Nusa Halmahera Minerals (PT.NHM) Meninjau Lokasi Erupsi Gunung Semeru (Foto : NHM)

“Ini adalah darma bakti perusahaan tambang seperti kami untuk masyarakat yang membutuhkan. Kebetulan kami memiliki tim yang terlatih untuk membantu korban bencana seperti yang sedang terjadi di Lumajang saat ini,” kata Ramdani.

Situasi di wilayah tersebut lanjut Ramdani, berdasarkan keterangan dari anggota ERT PT NHM yang berada di Kabupaten Lumajang bahwa saat ini masih belum stabil, mengingat erupsi susulan masih terjadi. Selain itu, besarnya volume abu dari erupsi tersebut membuat masyarakat harus pindah dari rumahnya akibat sudah tertimbun debu.

“Alhamdulillah tim ERT PT NHM masih dalam kondisi baik dan aman, tentunya kami manajemen juga berdoa agar musibah ini segera berakhir dan tim ERT NHM pun kembali beraktivitas,”tuturnya.

Soal aksi kemanusian ERT PT NHM ini disebut Manajer Komunikasi, bahwa mendapat apresiasi dari Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat mengunjungi Lumajang, Jawa Timur. “jadi pa Menteri ESDM ternyata memberikan apresiasi kepada perwakilan seluruh perusahaan yang tergabung di bawah koordinasi Tim Siaga Bencana ESDM untuk aksi kemanusiaan bagi para korban erupsi gunung Semeru ini,”ujarnya.

Tim Tanggap Darurat/ Emergency Response Team (ERT) PT Nusa Halmahera Minerals (PT.NHM) Memeriksa Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru di Stand Pengungsian (Foto : NHM)

Tim ERT PT NHM yang terdiri dari rescuer, paramedis dan tim yang siap untuk mendukung penyaluran logistik bagi korban bencana ini, sebelumnya diberangkatkan dari tambang emas Gosowong PT NHM di Kabupaten Halut, Malut yang dilepas oleh Wakil Direktur/ Kepala Tekhnik Tambang PTNHM, Amiruddin Hasyim pada Selasa, 7 Desember 2021.

“Dalam tugas ini, tim bekerjasama dengan seluruh tim dari perusahaan-perusahaan pertambangan di bawah koordinasi KESDM. Tim ERT PTNHM juga membawa sejumlah logistik yang sangat diperlukan oleh masyarakat korban bencana termasuk obat-obatan dan vitamin,”ungkapnya.(dit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *