Frans-Muchlis ‘Cuci Gudang’ Akhir Tahun

Kembali Lantik 121 Pebajat Fungsional

0
130
PELANTIKAN : Bupati Halut Frans Manery melantik 121 pejabat Funsional (Foto : Faisal / Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–penghujung tahun 2021 ini sejumlah kebijakan spontan telah diterapkan Pemkab Halmahera Utara, mulai dari penertiban uang renceh di gerai Alfamidi, inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar dan pertamina untuk pastikan stok aman jelang natal hingga terbaru adalah ‘bersih gudang’ detik-detik tutup tahun alias rolling ratusan pejabat fungsional.

Rotasi pejabat oleh Bupati Frans Manery dan Wakil Bupati Muchlis Tapi-Tapi, sepanjang bulan Desember 2021 ini sudah tercatat dua kali. Setelah sebelumnya pimpinan daerah berjuluk FM-Mantap ini telah melantik puluhan pejabat eselon III dan IV, kali ini tepatnya pada hari rabu (29/12), sebanyak 121 pejabat fungsional dilingkungan pemkab Halut dilakukan penandatangan berita acara pelantikan. Prosesi pelantikan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR), Desa MKCM Kecamatan Tobelo itu dipimping langsung oleh Bupati Halut.

Bupati Frans, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan pejabat tersebut sejujurnya hanya menindaklanjuti regulasi Kemenpan-RB dan Mendagri tentang reformasi birokrasi sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan birokrasi yang lebih dinamis dan profesionial serta penyederhanaan organisasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sebenarnya pelantikan 121 Pejabat fungsional dilingkup Pemkab Halut ini merupakan bagian dari penyetaraan jabatan struktural menjadi fungsional yang didasarkan pada  peraturan KEMENPAN-RB nomor 17 tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi kedalam jabatan fungsional serta surat Mendagri No 800/8135/OTDA tanggal 9 Desember 2021 perihal persetujuan penyetaraan jabatan di lingkup Pemkab Halut  serta hasil tim penilai kinerja Kabupaten Halut tanggal 27 Desember 2021,”katanya.

Disisi lain lanjut Bupati Halut, perombakan pejabat pemerintahan tersebut tidak asing lagi, karena sudah menjadi tradisi sebagai bagian dari penyegaran untuk peningkatan pelayanan sekaligus karir bagi mereka yang diberi jabatan.”Prinsipanya sebagai abdi negara harus siap menjalankan tugas dan tanggungjawab, olehnya itu saya berharap terus tingkatkan kinerja dan berikana pelayanan yang baik pada masyarakat dan daerah ini,”ujarnya.

Bupati Frans juga menyampaikan bahwa di penghujung tahun 2021 dengan situasi dunia, bangsa dan Negara yang masih di landa Covid-19 maupun terbarunya varian Omicron, tentunya diharapkan semua pihak senantiasa untuk melaksanakan hidup sehat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Soal vaksinasi untuk Kabupaten Halmahera Utara memang presentasi capaiannya baru di angka 57 persen. Artinya belum capai target yang ditetapkan pemerintah, yaitu 75 persen. Olehnya itu mari selaku ASN, kita harus menjadi contoh dalam mengikuti vaksinasi untuk menyukseskan program pemerintah sehingga kedepan semuanya dapat berjalan aman dan lancar,”ungkapnya.

Diakhir sambutan, Bupati mengucapkan selamat merayakan Natal pada saudara saudara yang merayakan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk saling mendoakan agar sehat selalu sampai masuk di tahun 2022.”Semoga Tuhan Maha Besar selalu menolong kita semua,”tuturnya (cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here