Poktan Binaan NHM Desa Daru Bersiap Panen Perdana

0
186
ILUSTRASi panen tomat.(kemkes.go.id)

HARIANHALMAHERA.COM–Budidaya pertanian berupa cabai, tomat dan sayuran oleh kelompok tani (Poktan) Desa Daru Kecamatan Kao Utara yang merupakan binaan PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) dikabarkan dalam waktu singkat menuai panen perdana. Para petani pun mulai menunggu waktu yang tepat untuk bersiap memetik hasilnya.

Kepala Desa (Kades) Daru, Leo Nanere, mengaku bahwa budidaya pertanian rempah-rempah dapur oleh Poktan Desa Daru itu direncanakan dalam bulan januari 2022 akan panen, mengingat saat ini cabai dan tomat sudah masuk masa panen.

“Iya, budidaya pertanian Poktan Desa Daru sudah siap panen, dan kalau tidak halangan mungkin dalam minggu ini sudah dipetik hasilnya, terutama cabe (rica) dan tomat,”katanya, senin (17/1).

Panen hasil rempah pertanian ini menurutnya, baru pertama kali lantaran program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) PT NHM di bidang pertanian ini terbilang terlambat disalurkan oleh manajemen PT NHM melalui Social Performance (SP), namun terpenting program yang menyentuh kebutuhan masyarakat tersebut masih dapat diberikan.

“kami Pemdes Daru berharap hasil panen ini dibeli PT NHM seperti poktan di Desa lain yang ada di lingkar tambang PT NHM, sehingga petani Daru pun merasa tidak terbeban dan menambah pendapatan untuk menopang kehidupan,”ujarnya.

Program PPM PT NHM ini menurutnya, sudah dipastikan dampak manfaatnya luar biasa bagi masyarakat, sebab menyentuh langsung kebutuhan mereka. “NHM ditangan pa Haji Robert ini memang benar-benar memberikan kesejahteraan melalui sajian program yang menyentuh. Tentunya pemdes Daru apresiasi program ini dan berharap NHM selalu perhatian nasib masyarakat,”ujarnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here