Resmikan Koperasi TRG, Bupati Frans: Terima Kasih NHM

0
154
ILUSTRASI: Suasana pertemuan empat lembaga dewan adat dengan PT NHM terkait tambang rakyat yang difasilitasi Pemkab Halut, di Rumah Adat Suku Boeng, Kao Utara, beberapa waktu lalu. (foto: istimewa)

HARIANHALMAHERA.COM— Setelah diresmikan Tambang Rakyat Gosowong (TRG) oleh PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) sekaligus manajemen perusahan pun memberikan ruang pada warga lingkar tambang untuk ikut partisipasi mengelolanya, ternyata terus mendapat respon postif dari kalangan masyarakat setempat.

Seperti yang dilakukan pengurus adat di lingkar tambang PT NHM, yakni Adat Pagu, Boeng, Towiliko dan Madole pada hari jumat (21/1) di Desa Kao Kecamatan Kao, yaitu menggelar pengukuhan pengurus koperasi Tambang Rakyat Gosowong sebagai langkah awal mendorong masyarakat adat untuk partisipasi dalam tambarang rakyat NHM.

Dalam pengukuhan tersebut, Bupati Halut, Frans Manery, ketua DPRD Halut, Janlis G. Kitong dan sejumlah pejabat pemkab Halut ikut hadiri. Bupati Frans, dalam sambutanya menyampaikan terima kasih terhadap PT NHM, karena telah memberikan kesempatan pada masyarakat di 5 Kecamatan lingkar tambang untuk terlibat dalam Tambang Rakyat Gosowong yang dibentuk.

“NHM sudah banyak memberikan peluang pada masyarakat lingkar tambang, bahkan secara umum baik Halut maupun Maluku Utara telah merasakan dampak manfaat yang luar biasa dari kontribusi PT NHM, tentu kami pemda Halut menyampaikan terima kasih atas kepedulian ini,”katanya.

Bupati Frans juga menuturkan bahwa soal pembentukan koperasi ini adalah perkumpulan orang-orang yang berjiwa sosial untuk kesejateraan anggota dan masyarakat di 5 Kecamatan lingkar tambang.

“Semoga koperasi ini bisa berjalan dengan baik dan sangat luar biasa lagi baru di bentuk koperasi ini sudah ada 300 orang ingin mengelola tambang rakyat, semoga koperasi yang bermitra dengan PT NHM tetap terjalin dengan baik demi kepentingan kesejahteraan,”ujarnya.

Sementara, Ketua Koperasi TRG, Boy Humone, menambahkan bahwa tujuan dari koperasi tersebut untuk kesejateraan anggota tambang rakyat khususnya dan masyarakat pada umumnya. Disisi lain membangun perekonomian warga di lingkar tambang.

“Kami juga beri apresiasi pada PT NHM yang memberikan kesempatan menjadi anggota tambang rakyat gosowong, dimana saat ini jumlah anggota Tambang Rakyat Gosowong tercatat sebanyak 300 orang,”tuturnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here