BPBD Halut Mulai Bangun Rumah Terdampak Gempa

0
37
Rumah terdampak gempa di Galbar mulai dibangun BPBD Halut

HARIANHALMAHERA.COM– Setelah distribusi bahan bangunan untuk rumah warga yang menjadi korban terdampak gempa berkekuatan 5,2 SR di Kecamatan Galela, Galela Selatan (Galsel) dan Galela Barat (Galbar). kini tepatnya, jumat (13/5), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Halut langsung reaksi cepat untuk membangun rumah yang rusak akibat gempa.

Salah satu rumah yang perdana dibangun adalah milik warga di Desa Ngidiho Kecamatan Galela Barat. Proses pekerjaannya pun ikut dihadiri Kepala BPBD Halut, Abner Manery.

Kepala BPBD Halut, Abner Manery, ketika disela-sela monitoring pekerjaan, mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah membangun salah satu rumah warga yang mana mengunakan anggaran stimulan,

“hari ini (jumat,13/5), kami BPBD Halut sudah mulai membangun rumah warga yang rusak berat terdampak gempa, dan pekerjaan dimulai dari rumah milik saudara Arman Budiman, karena rumahnya termasuk rusak berat dan harus mengungsi di rumah orang tuanya,”katanya.

Selain membangun rumah warga di Desa Ngidiho menurut Abner, sebelumnya sempat membangun rumah warga di Kecamatan Kao Barat yang juga terdampak gempa yang terjadi di tahun 2021 lalu, pihaknya menargetkan membangun akan membangun rumah di tiga Kecamatan yang terdampak bencana.

“Kami sempat bangun satu rumah di Kao Barat dan hari ini lanjut di Kecamatan Galela Barat. Kami juga sudah merencanakan untuk membangun rumah warga di Kao Utara yang terdampak bencan putting beliung, kami sudah membicarakan hal ini,”ungkapnya.

Untuk rumah di Galbar ini lanjutnya, BPBD Halut menargetkan akan menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin sehingga pemilik rumah langsung masuk tempati, mengingat semua bahan rumah sudah tersedia dan tinggal dibangun saja.

“Semua bahan sudah kami stel dari dari kantor dan hari ini kami tinggal memasang dan kami targetkan satu hari ini juga langsung di tutup atapnya agar bisa di tempati, karena pemilik rumah ini memiliki anak kecil dua orang,”ujarnya.(cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here