AWPI Halut Sosialisasi Peran Media ke Pelajar

0
193
Sosialisasi Peran Media oleh AWPI di SMAN 1 Halut (Foto : AWPI Halut)

HARIANHALMAHERA.COM–Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI), Kabupaten Halmahera Utara (Halut), minggu (20/3) menggelar sosialisasi peran media terhadap siswa dan guru SMA Negeri 1 Tobelo.

Kegiatan bertajuk media sebagai sarana edukasi dalam Informasi yang berlangsung di aula SMAN 1 Tobelo itu, AWPI Halut telah hadirkan pemateri handal seperti Kepala Dinas Komunikasi Informastika dan Persandian (Diskominfo) Pemkab Halut, Decky Tawaris dan General Manager (GM) Media Harian Halmahera, Firman Toboleu.

Kepala Diskominfo Decky Tawaris, memberikan apresiasi pada AWPI Halut atas sosialisasi terkait peran media masa dan Pendidikan tersebut. Sembari menyampaikan bahwa pemda Halut saat ini memperkuat aspek fundamental menuju Kabupaten Halut yang Smart atau Smart City di bidang governance, branding, economy, dan Society, sehingga aktivitas lembaga sosial berbasiskan teknologi ini mendorong para siswa lebih meningkatkan produktivitas belajar di Sekolah.

“Saya berharap para siswa harus belajar menelah informasi secara baik dan sangat penting belajar ilmu teknologi sehingga kita mampu mengedukasi perkembangan Daerah, Nasional bahkan secara Internasional,”pintanya.

Sementara GM Media Harian Halmaera, Firman Toboleu, mengatakan bahwa zaman saat ini menuntut semangat berpikir yang kritis. “Yang hilang dari para siswa hari ini adalah semangat berpikir kritis dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di Sekolah,”katanya.

Tak hanya itu, Dia juga berharap agar para siswa perlu membekali diri tentang ilmu jurnalisme. Sebab media masa merupakan tolak ukur Siswa memahami fenomena sosial masyarakat di era teknologi saat ini. “Informasi sangatlah penting, selain ada ruang diskusi kepada siswa SMA, juga diharapkan mempelajari setiap perkembangan informasi yang disampaikan dalam sajian berita. Bahkan, realitas sosial saat ini tidak lagi mengisyaratkan data statistik pendidikan seseorang, tetapi menuntun setiap orang memiliki pengalam – pengalaman (inovasi) sosial yang praksis,”tegasnya.

Ketua AWPI Halut, Heltom Sandro Didide, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.”terutama  Diskominfo dan Persandian, pihak Sekolah SMA 1 Halmahera Utara, serta General Manajer Radar Halmahera,”tuturnya. (san)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here