Stikmah Tobelo Sukses Gelar Ukom Ners dan Kebidanan

0
248
PRESTASI : Sekolah Tinggi Imu Kesehatan Halmahera (STIKMAH) Tobelo sukses menggelar Uji Kompettensi Ners dan D III Bidan (Foto : Sandros/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Prestasi gemilang terus ditorehkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Halmahera (Stikmah) Tobelo, kali ini salah satu perguruan tinggi di Halut yang diminati  itu telah sukses menggelar Uji Kompetensi (Ukom) profesi Ners dan D III Bidan. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan November 2021 disebut menjadi moment terbaik.

Dewan Pembina Yayasan Stikmah Tobelo, Jemmy Maengkom, saat dikonfirmasi mengatakan, uji kompetensi menjadi ini fokus Stikmah, sebab salah satu syarat yang  diatur dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2020 tentang tenaga kesehatan.

“Prioritas kami, mengutamakan mahasiswa lulus uji kompetensi, kerana sesuai Undang-Undang 20 tahun 2020 mengenai tenaga kesehatan, bahwa, Sarjana (SI) Keperawatan, Dan Profesi Ners harus lulus Ukom, baru diambil sumpah sebagai tenaga profesi Ners dan begitu juga D III Bidan,”katanya.” tandas, Jemmy.

Menurut Jemmy, dari jumlah peserta yang mengikuti Ukom profesi Ners, ternyata kelulusannya mencapai 75 persen, sementara untuk D III Kebidanan mencapai 70 persen. Lebih melegahkan lagi lanjutnya, pada bulan Juni 2021 kemarin para alumni Bidan yang telah melaksanakan Uji Kompetensi D II Bidan periode 2 yang dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berhasil lulus 100%.

“Menjadi kebanggan buat kami, bahwa lulusan kami khusus Profesi Ners yang mengikuti Ukom, informasi pengumuman hasil yang kami dapat tanggal 15 Desember kemarin, 75 persen yang lulus, dan untuk D III Kebidanan lulus 65 sampai 70 persen, dari hasil pengumuman tanggal 14 yang lalu,”terangnya sembari senyum.

Dia pun menyampaikan informasi bahwa Stikmah pada tanggal 22 Desember 2021 nanti akan mengelar acara wisuda yang bertempat gedung Polygrand Tobelo, “Untuk wisudawan dan wisudawati; SI Keperawatan 25 orang, D III Farmasi 9 orang dan D III Kebidanan 55, dan untuk profesi Ners 57 orang yang akan diambil sumpah,”ujarnya.

Jemmy berharap, acara wisuda yang telah direncanakan tersebut bisa berjan baik hingga selesai. “Harapannya bisa berjalan baik, dan untuk undangan dari Pemda Halut (Bupati, Kadis Kesehatan), bahkan para undangan lainnya, kami sangat mengharapkan kehadiran dalam acara wisuda nanti,”tuturnya.(pn/san)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here