Gunakan Stadion Euro 2004

0
432
SERASA MAIN DI KANDANG: Bek FC Porto Pepe bakal diuntungkan jika lanjutan Primeira Liga musim ini berlangsung di stadion-stadion Euro 2004. GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM – Primeira Liga sudah mendapat izin melanjutkan kompetisi musim ini dari pemerintah Portugal mulai akhir bulan ini. Namun, tidak mudah bagi regulator Primeira Liga menuntaskan 10 pekan tersisa. Kendala utamanya adalah tidak semua stadion klub kontestan memenuhi standar keamanan dan kesehatan yang memadai untuk protokol pertandingan di masa pandemi Covid-19.

Solusinya, regulator Primeira Liga berencana memainkan sisa kompetisi di 6 hingga 9 stadion di antara 18 stadion klub kontestan. Yang sudah pasti memenuhi syarat adalah stadion-stadion yang pernah menjadi venue Euro 2004.

Alhasil, tiga stadion yang sudah pasti digunakan adalah milik big three Primeira Liga. Masing-masing Estadio do Dragao (FC Porto), Estadio da Luz (SL Benfica), dan Estadio Jose Alvalade (Sporting CP).

Faktor lain yang juga dipertimbangkan adalah jarak geografis. Sebagai contoh, jarak antara Dragao dan Da Luz adalah 273 km. Jarak tersebut hampir sama dengan antara Dragao dan Jose Alvalade (272 km).

’’Meski begitu, tidak semua stadion bekas Euro 2004 akan digunakan. Salah satu yang sangat mungkin tidak dipakai adalah Estadio Algarve,’’ tulis Tribuna Expresso. Sebab, jarak antara Dragao dan Algarve adalah 543 km.

Kandang milik Sporting Braga (Braga Municipal), Vitoria de Guimaraes (Estadio D. Alfonso Henrique), Boavista (Estadio do Bessa), dan Estadio Municipal de Aveiro juga memenuhi persyaratan. Artinya, sudah ada tujuh stadion yang bisa digunakan.

Baca Juga: Jet Pribadi Tertahan, Bakal Isolasi 14 Hari

Sebenarnya ada dua stadion lagi dari Euro 2004 yang masuk kandidat. Yakni, Estadio Municipal de Coimbra dan Estadio Dr. Magalhaes Pessoa. Hanya, dua stadion itu jarang digunakan dan terkendala perawatan.

Keputusan hanya menggunakan sedikit stadion tentu saja menimbulkan persoalan baru. Yakni, mengenai status tim tuan rumah. ’’Saya tidak berharap solusi itu malah menguntungkan rival kami (FC Porto, Red),’’ kata pelatih SL Benfica Bruno Lage di laman resmi klub. Lage menyoroti hal itu karena FC Porto masih punya sisa laga tandang yang relatif lebih berat daripada timnya.

SL Benfica dan FC Porto saat ini bersaing ketat di klasemen sementara. Mereka hanya terpisah satu poin (59-60) dengan FC Porto di posisi lebih baik setelah 24 pertandingan.(jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here