Stadion dengan Atmosfer Paling Merinding Sedunia

0
474
Fans Boca Junior saat memadati Stadion La Bombonera

HARIANHALMAHERA.COM – La Bombonera mungkin tidak sepopuler Anfield-nya Liverpool. Juga, tidak sebesar dari segi kapasitas maupun historis yang melegenda jika dibandingkan dengan Estadio do Maracana di Rio de Janeiro, Brasil.

Namun, berdasar penilaian France Football kemarin (3/6), La Bombonera mengungguli Anfield dan Maracana sebagai stadion dengan atmosfer pertandingan paling merinding di dunia.

La Bombonera yang notabene kandang juara Superliga Argentina 2019–2020 Boca Juniors menempati posisi teratas dan Anfield hanya duduk di posisi kedua. Maracana? Malah hanya berada di peringkat kesepuluh.

Bagi La Bombonera, penilaian France Football bak kado ulang tahun. Stadion yang bernama lengkap Estadio Alberto J. Armando tersebut berusia 80 tahun pada 25 Mei lalu. Fans Boca yang mendengar kabar itu makin senang karena El Monumental yang tak lain kandang klub rival, River Plate, hanya menempati posisi keenam  dalam daftar.

Lalu, bagaimana La Bombonera bisa ditahbiskan sebagai yang terbaik? Ada beberapa poin penilaian France Football dalam menentukannya. Di antaranya, berdasar antusiasme penonton dan seberapa besar pengaruhnya dalam mengintimidasi pemain lawan. Yang tidak kalah penting, euforia penonton

La Bombonera paling memenuhi semua kriteria. Yang paling krusial dari semuanya adalah La Bombonera juga juara  untuk urusan ekspansi.

Akhir tahun lalu, stadion berkapasitas 49 ribu tempat duduk itu mengajukan proposal penambahan sisi keempat stadion untuk tribun VIP. Proyek ekspansi tersebut bernama Proyecto Esloveno besutan arsitek Slovenia, Tomaz Carmenik. Selama ini La Bombonera memang dikenal sebagai stadion unik karena hanya terdiri atas tiga sisi tribun. (jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here