Stadion Steril atau Kehilangan Poin

0
370
SUDAH BERPENGALAMAN: Suasana markas Eintracht Franfurt yang lengang saat menjamu FB Basel (12/3) GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM – Sama dengan K League 1, restart Bundesliga pekan depan menerapkan format pertandingan tanpa penonton. Begitu ketatnya aturan tersebut, klub-klub Bundesliga yang melanggar diancam kehilangan poin. Karena itu, Eintracht Frankfurt sudah mewanti-wanti fansnya tak datang ke area sekitar Commerzbank-Arena, kandangnya.

Sesuai dengan jadwal, Eintracht bakal mengawali laga pertamanya setelah break dengan menjamu Borussia Moenchengladbach pada Sabtu malam (16/5).

Direktur Olahraga Eintracht Fredi Bobic meminta fans tak berkumpul di luar stadion. ’’Bila Anda hadir di stadion, kami akan kehilangan laga itu karena aturannya sangat ketat,’’ kata Bobic kepada ESPN. ’’Jika mereka datang, hasilnya bakal diberikan kepada tim tamu,’’ sambung striker Borussia Dortmund pada awal dekade 2000-an tersebut.

Sebagaimana yang dikatakan Bobic, beberapa pekan terakhir ini Eintracht berbicara dengan kelompok pendukungnya agar duduk manis menyaksikan laga Die Adler –julukan Eintracht– dari layar kaca. Bobic juga konfiden upayanya mengedukasi fans Eintracht akan berhasil.

Di sisi lain, ada pula klub Bundesliga lainnya yang berupaya meramaikan stadionnya meski tanpa kehadiran fans. Gladbach, contohnya. Mereka sudah dikenal dengan taktiknya meramaikan tribun Borussia-Park. Yakni, menggunakan patung kardus bergambar foto fans.

Dilaporkan, sudah ada 4.500 patung kardus yang duduk di tribun Borussia Park dan ada 12 ribu patung lainnya yang bakal menyusul. Fans hanya perlu membayarkan uang EUR 19 (Rp 310 ribu) (jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here