Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Rumah di Tobelo Tergenang

0
125
Salah satu rumah di Desa Rawajaya tampak tergenang usai diguyur hujan deras

HARIANHALMAHERA.COM– Hujan deras yang mengguyur kota Tobelo dan sekitarnya kamis (12/5) sejak sore hingga malam telah membuat sejumlah rumah tergenang. Seperti yang terpantau di Desa Rawajaya dan Gosoma Kecamatan Tobelo, dimana beberapa rumah warga tergenang luapan air hujan hingga setinggi betis kaki orang dewasa.

Genangan air hujan di sejumlah titik itu disebut warga setempat bahwa sudah menjadi langganan ketika terjadi hujan deras. Selain rumah warga, beberapa ruas jalan dalam pusat kota Tobelo juga teredam air hingga membuat resah pengendara yang melintas.

Mahmud, salah satu warga Rawajaya menuturkan bahwa rata-rata rumah warga yang tergenang ini merupakan langganan banjir dikala hujan deras terutama dilingkungan RW/02 RT/02, tepatnya diseputaran pelabuhan kontener Tobelo.

“Genangan air ini terjadi, karena pengaruh saluran air dilingkungan cuman satu, itupun hanya saluran kecil ditambah lagi pembangunan jalan setapak yang tingginya melebihi saluran air sehingga saluran air terisolasi dan menyebabkan banjir,”katanya.

Harusnya lanjutnya ada tambahan saluran pembuangan air lain yang mengarah ke laut sehingga wilayah yang kerap tergenang tidak akan tergenang lagi dikala hujan. Dia pun meminta Pemerintah daerah terutama Pemerintah Desa harus lebih memperhatikan masalah ini sebelum terjadi musibah yang lebih parah.

“Harus dibagun saluran induk yang mampu menampung debit air disaat hujan. Masalah ini harus serius ditangani sebelum terjadi musibah banjir,”pintanya.(rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here