Dikira Vaksin Covid-19, Warga Jere Lari ke Hutan, Ehh… Ternyata Sosialisasi Penyakit Kanker

0
164
Ilustrasi

HARIANHALMAHERA.COM–Entah apa yang terjadi bagi warga yang bermukim di desa-desa pinggiran di Kabupaten Halut. Apakah sosialisasi terkait covid-19 yang kurang atau warga yang sudah terlanjur ‘takut’ dengan vaksin covid. Seperti yang terjadi di Desa Jere, Kecamatan Galela Utara.

Wartawan koran ini mendapat informasi dari suatu kejadian yang terbilang lucu di Desa Jere. Warga yang mendapati informasi adanya petugas vaksin yang akan datang ke desa, beberapa warga memilih kabur. Padahal mereka salah sangka. Petugas yang datang bukan melakukan vaksinasi covid, melainkan untuk menyosalisasikan penyakit kanker dan asam urat. “Sebagian warga sudah masuk hutan, melarikan diri lantaran takut divaksin,” kata seorang warga desa.

Kejadian tersebut, membuat dua petugas kesehatan yang datang terlihat keheranan, bahkan kecewa. “Kasihan warga. Ini akibat informasi yang keliru. Padahal kami sebelumnya sudah menyurat lewat Kepala Desa dan RT, namun sayang sekali mereka tidak mengerti, sehingga hari ini mereka memilih kabur. Ada yang ke laut mencari ikan, ada yang alasannya pergi ke kebun,” ucap salah satu petugas.

“Padahal niat kami baik. Kalau seperti ini, sia-sia perjalanam jauh yang kami sudah tempuh,” sambungnya.

Upaya untuk memanggil kembali warga mengikuti sosialisasi penyakit kanker dan asam urat, dilakukan petugas dan aparat desa melalui sambungan telepon. Namun, warga seakan tidak percaya. “Warga yang kabur ke hutan itu, mereka tidak percaya. Mereka menjawab mungkin itu (sosialisasi) hanya sebuah alasan. Setelah itu diperiksa dan divaksin. Mereka berucap mendingan kabur,” terangnya.(tr-05/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here