Pasukan Paskibra Halut Mulai Jalani Latihan

0
394
BERSIAP: Peserta seleksi Paskibra Halut bersama Kepala Dispora dan jajaran.(foto: Muhrid/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus masih tiga pekan lagi. Pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang menjadi komponen utama dalam upacara, kini mulai menjalani pelatihan. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini Paskibra akan melakukan tugasnya untuk mengibarkan Merah Putih pada 17 Agustus nanti.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Zakeus Manery SPd MSi, mengatakan awalnya sudah dilakukan seleksi 30 orang menjadi Paskibra. Namun dengan adanya pandemic covid-19, maka tim covid maupun pemerintah daerah menganjurkan jumlah Paskibra dikurangi menjadi 16 orang.

“Dalam proses seleksi juga diberlakukan syarat protokol kesehatan, yakni melalui rapid tes antigen. Ada peserta seleksi yang reaktif saat tes antigen, jadi yang bersangkutan tidak dilibatkan,” sebutnya.

Saat ini, lanjut Zakeus, pelatihan masih tahapan pra-pelatihan. Siswa yang ikut seleksi belum dikarantina. Namun jika seleksi sudah dilakukan, dan sudah terpilih, maka semua anggota paskibra akan menjalani masa karantina. “Rencananya dalam minggu ini kami mulai pelatihan terpusat. Anggota paskibra juga sudah masuk karantina. Ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan mereka,” terangnya.

Sebagaimana syarat umum dalam seleksi Paskibra, siswa/siswi yang dipilih memiliki ukuran tinggi badan 156 cm untuk putri dan 170 cm untuk putra. Kemudian penguasan baris berbaris. “Dalam seleksi ini dipercayakan kepada tim seleksi yang terdiri dari Dispora, TNI, dan Polri sebagai pelatih, serta pembinanya dari Purna Paskibraka Indonesia,” tambahnya.

Sementara, Bripka Erik selaku pelatih mengatakan proses pelatihan Paskibra direncanakan selama 20 hari. Tentunya latihan ini jauh sebelumnya untuk melakukan tahapan seleksi yang terbaik, dan itu semua diatur dalam peraturan menteri. “Sebetulnya kami mengambil sebanyak 30 personil, namun karena kondisi pandemic covid-19 maka dikurang tinggal 16 orang. Siswa yang direkrut adalah keterwakilan dari semua kecamatan,” terangnya.

“Kami sebagai pelatih turut membantu paskibra agar mereka terlatih betul dalam baris berbaris. Sejauh ini kami melihat sudah bagus, tinggal diperhalus lagi. Tinggal kami memilih nantinya di hari H,” kata Serka Ronal Mailoa, pelatih lainnya.(pn/tr-05/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here