Program PPM PT NHM Berhasil Topang Omzet Petani

Giliran Dua Poktan Binaan NHM di Malifut Panen

0
259

HARIANHALMAHERA.COM– program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) PT NHM sepertinya memberikan dampak manfaat yang luar biasa bagi warga lingkar tambang. Terutama terobosan di bidang pertanian, dimana sejumlah kelompok tani (Poktan) binaan NHM yang tersebar di lima Kecamatan, yakni Kao Teluk, Malifut, Kao, Kao Utara dan Kao Barat berhasil berkembang dan telah menjadi petani yang mandiri.

Buktinya, setelah panen sayur jenis kubis (kol) di Kecamatan Kao Teluk menyusul panen cabe kriting di Desa Dim-Dim Kecamatan Kao serta panen terong jenis varietas resata oleh Poktan Desa Doro Kecamatan Kao Utara, Rabu kemarin (27/10) giliran Poktan binaan PT NHM di Desa Talapao dan Peleri Kecamatan Malifut telah tuai panen rempah-rempah dapur, yaitu cabe kriting alias rica Karibo.

Panen lagi, Poktan binaan PT NHM di Desa Talapao Kecamatan Malifut telah berhasil panen cabe

“sejujurnya program PPM PT NHM telah berhasil menambah pendapatan warga lingkar tambang, terutama program pertanian telah memberikan manfaat yang sangat besar pada kami petani,” ungkap Ismail Samsudin, ketua Poktan Apo Do Epe, Desa Talapao.

Panen cabe ini lanjut Ketua Poktan Talapao, baru perdana, sebab program PPM PT NHM ini juga baru realisasi dan pertama kali dicanangkan NHM dibawa pimpinan oleh H. Robert Nitiyudo Wachjo.

“Iya, ini panen perdana tapi yang pasti program PPM PT NHM ini akan berkelanjutan tinggal kita sebagai masyarakat lingkar tambang harus benar-benar serius bekerja, merawat dan kelola. Program NHM ini adalah berkah jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan hidup,”ujarnya.

Senada disampaikan, Fataha Ishak, Ketua Poktan Talaga Mato, Desa Peleri Kecamatan Malifut bahwa panen cabe perdana ini telah menunjukkan bukti rasa peduli dan perhatian H. Robert sebagai Presiden Direktur (Presedir) PT NHM sekaligus pemilik perusahan terhadap masyarakat lingkar tambang khususnya di Desa Peleri.

”Harapannya program PPM PT NHM dibidang pertanian seperti ini terus berkelanjutan sampai perusahan tutup, karena kami benar-benar merasakan seperti karyawan NHM juga. Jujur program seperti ini belum pernah dibuat NHM sebelumnya,” katanya.

Terpisah Camat Malifut, Irawan M, menuturkan pemerintah Kecamatan Malifut tentunya memberikan apresiasi yang tinggi pada PT NHM atas berbagai terobosan yang mensejahterakan masyarakat lingkar tambang terutama di wilayah pemerintahan Malifut, sebab ditengah pandimic Covid-19 ini dipastikan kehidupan ekonomi masyarakat kian menurun, akan tetapi adanya program NHM ini telah membuat warga berangsur-angsur bangkit dan bersemangat menjalankan program yang berikan NHM.

“Program NHM ini merupakan langkah nyata yang sangat membantu petani untuk meningkatkan produksi holtikultura dan pendapatan ekonomi. Tentu selaku saya camat Malifut akan terus memantau perkembangan pertanian di Kecamatan malifut sehingga dapat berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meminta pada semua pihak untuk mendukung program ini sehingga Desa dapat memiliki komoditi unggulan,”pungkasnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here