Sudah Lima Petugas Pemilu ‘Tumbang’

0
561
Ilustrasi penyelenggara Pemilu di TPS. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM— Jatuh sakit saat melaksanakan tahapan pemilu serentak 2019, juga terjadi di Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Sampai Rabu (24/4), sudah lima penyelenggara yang dilaporkan sakit akibat kelelahan.

Salah satunya anggota Panwas Kecamatan Tobelo Utara, Munjamin Fadel. Dia terpaksa dilarikan ke unit gawat darurat (UGD) rumah sakit umum daerah (RSUD) Tobelo lantaran kelelahan.

Mujamin, tampak tak berdaya saat bertugas mengawasi pelaksanaan rapat pleno surat suara tingkat PPK di kantor camat setempat, sehingga harus dilarikan untuk mendapatkan pertolongan medis.

Raimi Dodungo, istri Munjamin mengaku, kalau suaminya sempat mengalami sesak napas dan gangguan pada lambung ketika tiba di rumah sakit. Petugas medis pun bertindak cepat untuk mengobati.

“Kejadiannya tadi siang (kemarin), setelah selesai pantau pleno di kecamatan. Awalnya dia mengeluh dada sakit sekali, jadi pas liat kondisinya sudah lemas terpaksa kami bawah ke rumah sakit,” katanya saat di RSUD Tobelo.

Sebelum dilarikan ke RSUD Tobelo, menurut Raimi, suaminya sempat melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Gorua, sebab saat itu mengeluh sakit pada lambung.

“Beberapa hari lalu suami saya juga sempat diperiksa di Puskesmas,” terangnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaludin, mengatakan terkait personel panwas yang jatuh sakit sudah disampaikan ke Bawaslu Provinsi Malut untuk diketahui. Selain itu meminta petunjuk, terutama soal pembiayaan pengobatan.

“Bawaslu Malut sudah instruksikan untuk data petugas pengawas yang kena musibah saat bertugas, dan kami sudah sampaikan tinggal menunggu petunjuk,” ujarnya.

Untuk sementara ini dikatakannya, pihaknya menangani biaya pengobatan para petugas pengawas, karena masalah tersebut belum diatur secara terpisah dalam anggaran Bawaslu.

“Informasi terakhir yang kami terima dari Bawaslu Malut sudah ada langkah-langkah, jadi kami berharap secepatnya direalisasi,” tandasnya.(dit/fik/cal)

Berikut Daftar Petugas Pemilu 2018 yang Jatuh Sakit:

1. Henok Lahikuni   : anggota PPL Desa Kusu Lorva Kecamatan Kao
2. Neni Gogali         : anggota PTPS Desa Kusu Lorva, Kecamatan Kao
3. Jumar Mafoloi     : tim Khusus Bawaslu Halut
4. Aprianti Kansil    : PTPS Desa Pitu Kecamatan Tobelo Tengah
5. Munjamin Fadel  : anggota Panwascam Tobelo Utara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here