Temukan Senyawa Anti Virus pada Daun Pangi

0
523
Pendiri Stikmah Tobelo, dr. Arend Mapanawang,

HARIANHALMAHERA.COM–Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makariwo (Stikmah) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, akan menindaklanjuti senyawa yang terdapat dalam daun pangi, untuk dijadikan sebagai suplemen anti Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ketua STIKMAH Tobelo, dr. Arend Laurens Mappanawang, mengatakan selain dijadikan suplemen kesehatan Covid-19, daun pangi juga akan dijadikan bahan untuk vaksin Covid-19.

Alumnus Universitas Gadja Mada ini mengaku telah melayangkan proposal ke Kemenristek Dikti terkait penelitan tersebut. “Karena suplemen kesehatan anti virus ini sangat membantu pasien Covid-19,” jelasnya.

Dia menjelaskan, alasan daun pangi bisa dijadikan vaksin dan suplemen kesehatan anti Covid-19,  karena 94,80 persen memiliki daya penghambat virus tertinggi selain buah golobe. “Itu sudah melalui uji klinik,” katanya.

Arend berharap, pemerintah pusat maupun daerah tidak panik, apalagi memesan obat hingga vaksin Covid-19 di luar negeri yang belum tentu efeksif meredam gejala pneumonia berat tersebut.

“Karena obat yang dipesan di luar negeri itu menggunakan senyawa derivate chloroquine dan masih tahap coba-coba. Padahal yang perlu dikembangkan ini daun pangi dan buah golobe ini,” katanya.

Menurut dia, jika pemerintah serius dan mengizinkan, maka PT. HMS Herbalove siap memproduksi secara massa demi kepentingan penanganan orang-orang dengan kategori ODP, OTG, PDP hingga positif Covid-19. (Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here