Tiga Kecamatan Bersiap Pemekaran

0
417
Kadis DPMD Halut, Wenas Rompis

HARIANHALMAHERA.COM–Sinyal pemekaran tiga Kecamatan oleh pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dalam tahun 2022 sangat menguat untuk dapat direalisasi. Sebab, pemda sendiri dikabarkan sudah menentukan dua nama dari tiga Kecamatan yang diusulkan untuk di mekar.

Tiga Kecamatan yang diusulkan mekar adalah Kecamatan Kao Teluk menjadi dua yaitu Teluk Kao dan Kecamatan Loloda Utara dimekarkan lagi dengan nama Loloda Timur. Sementara Kao Barat sendiri belum ditetapkan lantaran masih menunggu pertemuan bersama antar pemkab Halut, pemerintah Kecamatan dan elemen masyarakat  Kao Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halut, Wenas Rompis, mengatakan bahwa pemda Halut optimis pemekaran tiga Kecamatan tersebut teralisasi dalam tahun 2022, sebab berbagai persiapan sudah matang terutama dukungan dari masyarakat.

“Rencana pemekaran Kao Teluk dan Loloda Utara sudah sangat siap, karena sebelumnya sudah melalui rapat koordinasi antara pemerintah daerah, pemdes dan para tokoh masyarakat, sedangkan pemekaran Kecamatan Kao Barat dalam waktu dekat ini akan diagendakan rapat koordinasi untuk pembahasan teknisnya,”katanya, senin (14/2).

Soal ibu kota pemerintahan menurutnya, saat ini baru satu Kecamatan yang ditentukan titiknya yaitu Teluk Kao di Desa Bobaneigo sementara Loloda Timur masih menunggu persetujuan bersama masyarakat.

“Untuk Kao Barat juga dimekarkan menjadi 2 wilayah Kecamatan. Namun untuk nama Kecamatannya masih menunggu hasil rapat koordinasi pemerintah daerah dengan pemerintah Desa dan para tokoh masyarakat setempat,”ujarnya.

Disentil soal anggaran setelah pemekaran 3 kecamatan tersebut lanjut Wenas, tidak ada masalah, karena pemerintah daerah sebelumnya sudah membahas dengan dinas-dinas terkait termasuk dengan Badan Keuangan Daerah.

“Ini memang sudah dibahas bersama,”pungkasnya.

Wenas pun menambahkan bahwa penambahan Kecamatan baru tersebut maka jumlah Kecamatan di Kabupaten Halut menjadi 20 Kecamatan yang tentunya pelayanan pemerintahan terhadpa masyarakat akan terjangkau.

“Dengan tambahan pemekaran Kecamatan ini maka pelayanan pemerintahan ke masyarakat dapat terlaksana dan terlayani dengan baik,”tuturnya.(san/tr-05)

Nama Kecamatan Yang Dimekar Pemkab Halut

  1. Kecamatan Teluk Kao, Ibu Kota di Desa Bobaneigo
  2. Kecamatan Loloda Timur, Ibu Kota defenitif belum ada
  3. Kecamatan Kao Barat belum ditentukan nama Kecamatan baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here