Tiga Warga Halut Terkonfirmasi Positif Covid-19, Satu Meninggal

0
587
Ilustrasi : Rumah dinas bupati Halut yang dijadikan Posko Induk Covid-19 Halmahera Utara beberapa waktu lalu. Foto: Nurkholis Hamid/Harian Halmahera

HARIANHALMAHERA.COM – Tiga orang di wilayah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut), terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Angka ini berdasarkan hasil pemeriksaan Swab Test oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kemenkes Makassar, yang dikirim beberapa waktu lalu melalui RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Halut, Deky Tawaris, Rabu (13/5) mengatakan dari tiga orang itu, dua di antaranya berasal dari Kecamatan Malifut. Sedangkan satunya dari Kecamatan Tobelo Selatan. Masing-masing berstatus ODP, OTG, dan PDP.

Untuk satu orang berjenis kelamin laki-laki berinisial NY berusia 63 tahun, tercatat memiliki riwayat kontak erat dengan istrinya yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Ambon ke Ternate, menumpangi kapal KM. Dorolonda. “Tapi (PDP) NY sudah meninggal pagi tadi,” katanya.

Sedangkan laki-laki berinisial RB berusia 63 tahun, juga tercatat memiliki perjalanan dari Ambon, menggunakan Kapal KM Dorolonda. Sementara, satu orang perempuan berinisial AR berusia 23 tahun asal Tobelo Selatan, memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif 01 yang se-kelurahan dengannya.

Hingga hari ini, lanjut Deky, orang dalam pemantauan (ODP) di Halut kembali berkurang 2 orang, dan dinyatakan bebas pemantauan oleh tim medis setelah menjalani masa karantina terpusat selama 14 hari di tempat yang sudah disiapkan.

“Dari dua orang itu, satu orang berasal dari Malifut. Sedangkan satu orang lagi dari Tobelo Selatan. Keduanya punya riwayat perjalanan dari zona merah, dan saat ini telah dizinkan pulang ke rumahnya masing-masing,” katanya.

Perkembangan data hingga hari ini, untuk kategori orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 14 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 8 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 0. Sembuh 1 orang, meninggal 1 orang, dan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 6 orang. (dit/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here