Tim SP NHM Monitoring Pemindaan Bibit Bawang

0
246
Monitoring poktan bawang merah oleh Tim SP PT NHM

HARIANHALMAHERA.COM– PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) melalui Tim Departeman Kinerja Social atau Social Performance (SP) intensif melakukan monitoring terhadap sejumlah kelompok tani (Poktan) binaan mereka yang tersebar di 83 Desa pada 5 Kecamatan lingkar tambang, yakni Kao Teluk, Malifut, Kao, Kao Utara dan Kao Barat, minus Kecamatan baru yakni Teluk Kao. Bahkan perhatian serius dan support fasilitas pun terus dilancarkan hingga saat ini.

Monitoring kali ini dilakukan Tim SP PT NHM adalah di Desa Pediwang Kecamatan Kao Utara, dimana salah satu Poktan ‘Hijau Merah’ budidaya bawang merah itu dalam tahap pemindahan bibit bawang dari semai ke penanaman.

Tim SP PT NHM di bidang pertanian selalu intensif melakukan pemantauan terhadap sejumlah Poktan binaan NHM, dimana ini dilakukan untuk memastikan kembali perkembangan budidaya tanaman yang di rawat para petani sekaligus mencari tahu kebutuhan apa yang diinginkan para Poktan.

Tim SP PT NHM saat turun meninjau proses peminaan bibit bawang merah oleh Poktan Hijau Merah di Desa Pediwang Kao Utara

Sementara ketua Poktan Hijau Merah, Yano Riskan Tidore, menyampaikan luas lahan untuk budidaya tanaman bawang merah tersebut mencapai 2500 hektar dengan jumlah anggota tani sebanyak 12 orang.

“Saat ini baru tahap pemindahan bibit bawang mereka ke tanam, dan mudah-mudahan proses budidaya ini berjalan lancar sampai masa panen. Kalau lihat luas lahan 2500 hektar ini maka panennya dipastikan mencapai 2 sampai 3 ton,”ungkapnya.

Sekedar diketahui bahwa program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat (PPM) oleh PT NHM di bidang pertanian disebut warga lingkar tambang bahwa sangat bermanfaat, karena kehadiran program tersebut telah menolong mereka menjadi usahawan mandiri yang berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi mereka menuju kesejahteraan.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here