1 Napi Korupsi ‘Dihadiakan’ Remisi HUT RI

Dari 106 Napi yang Diusulkan Lapas Kelas IIB Tobelo

0
63
Lapas Kelas II B Tobelo

HARIANHALMAHERA.COM–Sudah menjadi tradisi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tobelo untuk memberikan kejutan terhadap nara pidana (Napi) lewat momentum hari besar nasional. Kali ini di moment Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 tahun 2022, pihaknya juga telah usulkan warga binaan mereka untuk mendapatkan potongan masa tahanan (remisi).

Namun, usulan pemberian remisi pada HUT RI kali ini terbilang menjadi sejarah baru bagi Lapas Kelas IIB Tobelo, sebab dari total 106 orang napi yang diusulkan itu dikabarkan terdapat satu orang Napi kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) dan beberapa orang warga binaan kasus narkotika juga diberpeluang dapat remisi kemerdekaan RI tersebut.

Kepala Lapas Kelas IIB Tobelo, Romi Novitrion, mengatakan bahwa soal remisi ini tentu ada dua katego yaitu remisi umum I yang mana tidak langsung dan II langsung bebas, sementara yang diusulkan Lapas Kelas IIB Tobelo untuk 106 orang itu merupakan remisi umum I. “Iya, kami Lapas Kelas IIB Tobelo usulkan 106 orang warga binaan untuk dapat remisi HUT RI. Untuk sementara belum ada remisi langsung bebas,”katanya, senin (8/8)

Remisi tersebut menurutnya bervariasi mulai dari remisi 1 bulan sebanyak 18 orang, remisi 2 bulan sebanyak 18 orang, remisi 3 bulan sebanyak 36 orangm remisi 4 bulan sebanyak 17 orang dan remisi 5 bulan sebanyak 17 orang. “Remisi iini baru kami usulan, untuk SK biasanya 1 hari sebelum hari H upacara HUT dikeluarkan. Sedangkan untuk penyerahan remisi kita menunggu petunjuk dari Pemerintah,”ujarnya.

Dari total 106 orang yang diusulkan dapat remisi tersebut lanjut Ka Lapas Tobelo, terdapat 6 orang dengan kasus pidana berat, yaitu kasus narkotika dan satu orang dengan kasus Tipikor. Meski tidak disebut secara detail usulan remisi bagi Napi Tipikor tersebut, namun alasan pemberian remisi tersebut lantaran yang bersangkutan sudah membayar denda. “Iya ada satu warga binaan Tipikor, dia dapat remisi sudah membayar denda KHA dan dikasih ketentuannya seperti itu, sementara Narkoba harus asimilasi terlebih dahulu,”terangnya.

Sementara untuk menyambut HUT RI ke-77, Ka Lapas Tobelo pun menambahkan bahwa pihak juga menggelar sejumlah rangkaian kegiatan untuk meriahkan momentum tersebut salah satunya donor darah. “Kami juga melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan untuk meriahkan HUT RI mulai dari bakti social dan donor darah,”ungkapnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here