Di Ujung Tanduk

0
408
HIDUP MATI: Kapten Argentina Lionel Messi

HARIANHALMAHRA.COM– Perjalanan Argentina di Copa America 2019 kali ini tidak semulus dua edisi sebelumnya. Jika pada Copa America edisi 2015 dan 2012 La Albicelsete, julukan Argentina mampu menjadi finalis, tidak demikian dengan edisi tahun ini.

Skuad Lionel Scolani terancam tersingkir di fase grup. Ini setelah anak asuhnya hanya mampu bermain imbang 1-1 ketika melawan Paraguay di putaran kedua Grup B, Kamis (20/6) pagi kemarin.

Bahkan, pada laga yang berlangsung yang berlangsung di Stadion Mineirao itu, Lionel Messi dkk di ambang tersingkir setelah tertinggal lebih dulu lewat gol yang dicetak Richard Sanchez di menit 37’.

Tim Tango sendiri selamat dari kekalahan setelah pada menit ke 57, sang kapten Messi sukses mengekusi pinalti yang diberikan Wilton Sampalo, wasit yang memimpin pertandingan tersebut.

Meski begitu, hasil imbang ini membuat nasib Argentina di Copa Amerikca di ujung tanduk. Sebab, Sergio Aguero dkk masih berada di dasar klasemen dengan mengumpulkan poin dua di bawah posisi Qatar yang meraih poin 1 dan terpaut satu poin dari Paraguay [2], serta lima poin dari Kolombia, yang dipastikan lolos ke fase knock out.

Dengan situasi ini, nasib Argentina akan ditentukan di laga grup terakhir melawan Qatar, Senin (24/6). Pada laga hidup mati di Stadion Arena Do Gremio, Porto Alegre itu, kemenangan atas Qatar memang jadi target Argentina jika ingin tetap memelihara peluang lolos, meski pada faktanya mereka masih bisa tersingkir.

Sebab Argentina kini menggantungkan nasibnya juga pada tim dari grup untuk perebutan posisi kedua atau bahkan sekadar finis posisi ketiga. Sebab selain tiga juara dan runner-up grup, Copa America juga meloloskan dua tim peringkat ketiga terbaik.

Nasib mereka juga akan ditentukan oleh laga Paraguay kontra Kolombia. Argentina bias lolos Paraguay memetik hasil lebih buruk. Argentina pun masih bisa lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik, yang hanya mengambil dua tim teratas.

“Kami memiliki sebuah pertandingan yang sulit di depan untuk lolos. Namun, kami akan memberikan segala-galanya untuk mencapai babak berikutnya,” terang striker Argentina, Lautaro Martinez usai pertandingan sebagaimana yang dilansir Reuters.

Menghadapi laga hidup mati itu, Messi menegaskan yakin akan memetik kemenangan.  “Saya melihat tim yakin, bahwa kami akan memenangkan pertandingan berikutnya,” ucap striker Barcelona tersebut.

Bahkan, La Pulga menegaskan timnya akan lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik. “Gila kalau kami tidak bisa lolos dari fase grup ketika ada tiga tim lagi yang bisa lolos,” ucap Messi usai laga, dikutip Fox Sport. “Anda harus berpikir positif dan memiliki kepercayaan diri,” ujar Messi.

Di pertandingan kontra Paraguay itu, Argentina lebih dominan dengan unggul ball possession 55:45. Namun, tim besutan Scaloni ini kurang kreatif sehingga hanya mampu membuat tujuh percobaan, hanya 2 yang mengarah sasaran, sementara Paraguay lebih baik dengan membuat 10 percobaan dimana hanya tiga yang mengarah ke sasaran. (dts/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here