Dianggap Bukan Hat-trick Murni

0
378
DEBUT EPIK: Selebrasi Erling Haaland setelah membobol gawang FC Augsburg di WWK Arena.

HARIANHALMAHERA.COM – SENSASI produktivitas gol Erling Haaland musim ini masih berlanjut meski berganti klub dari RB Salzburg ke Borussia Dortmund. Haaland menandai debutnya bersama Dortmund dengan hat-trick ke gawang FC Augsburg di spieltag ke-18 Bundesliga pada Sabtu malam (18/1).
Baru masuk pada menit ke-56 menggantikan bek Lukasz Piszczek, striker asal Norwegia itu langsung mencetak gol. Hebatnya, trigol striker 19 tahun itu terjadi hanya dalam rentang 23 menit. Yakni, menit ke-59′, 70′, dan 79′.
Haaland menjadi pemain Die Borussen–julukan Dortmund–kedua yang sukses mencetak tiga gol pada debutnya. Pemain sebelumnya yang melakukan hal itu adalah Pierre-Emerick Aubameyang pada spieltag pembuka musim 2013-2014. Uniknya, lawan Dortmund saat itu juga Augsburg.
Tetapi, seorang penulis sepak bola Jerman Raphael Honigstein mengklaim bahwa tiga gol Haaland bukan hat-trick murni. Tolok ukurnya, ada gol dari pemain lain yang “mengganggu” Haaland. Gol tersebut berasal dari wide attacker Jadon Sancho pada menit ke-61.
“Semua gol (hat-trick, Red) harus terjadi dalam satu babak plus tidak boleh ada gol pemain lain di antaranya. Haaland memang tidak peduli. Tetapi, seseorang harus memberitahunya bahwa itu bukan hat-trick,” ucap Honigstein seperti dilansir BBC.
Nah, jika tiga gol Haaland bukan hat-trick resmi, maka yang dilakukan Aubameyang tujuh tahun silam juga bukan hat-trick. Sebab, meski tidak ada gol pemain lain yang ada di antara hat-trick-nya, striker Arsenal itu mencetak tiga gol pada babak pertama. Rinciannya, menit ke-24, 66′, dan 79′.
Hanya, Dortmund tampaknya tidak peduli dengan perdebatan keabsahan hat-trick Haaland. Yang penting, kini mereka mempunyai striker yang bisa jadi monster baru di Bundesliga. Kehadiran Haaland juga membuat striker Paco Alcacer yang fit 100 persen tidak masuk line up. Momen tersebut kali pertama terjadi musim ini bagi striker asal Spanyol itu.
“Haaland berlatih sangat keras. Saya rasa, orang terakhir yang meledak saat debut melawan Augsburg adalah Auba (panggilan Aubameyang, Red) dan dia juga mencetak tiga gol. Haaland membuat kesan pertama yang luar biasa,” ujar kapten Dortmund Marco Reus (jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here