MEMBUKA ”PERANG” MEDIOCAMPISTA

0
442
KETAT: Frenkie de Jong tampil di Piala Trofeo Joan Gamper melawan Arsenal, (5/8)

HARIANHALMAHERA.COM– BARCA mengawali musim 2019–2020 dengan menantang tuan rumah Athletic Bilbao pada jornada pembuka La Liga 17 Agustus mendatang. Namun, antusiasme Barcelonistas sudah tampak di Camp Nou (5/8). Sebanyak 98 ribu fans memberikan sambutan ketika satu per satu pemain Barca diperkenalkan.

Kebetulan, Trofeu Joan Gamper merupakan laga pertama Lionel Messi dkk di Camp Nou
musim ini. Entrenador Ernesto Valverde langsung menjajal 3 di antara 6 pemain anyarnya.
Yakni, kiper Neto, gelandang Frenkie de Jong, dan striker Antoine Griezmann. Semua turun
sebagai starter.

Namun, di antara ketiga pemain, De Jong paling mencuri perhatian. Rekrutan pertama Barca dari Ajax Amsterdam itu berhasil menjadi pemain terbaik Trofeu Joan Gamper 2019. Menempati posisi Sergio Busquets, jenderal lapangan tengah Barca, De Jong merasa belum layak dipuji.

Pemain 22 tahun itu juga belum menampilkan performa sempurna. ”Saya pikir, ritme permainan tim (dengan saya bermain, Red) masih bisa lebih baik lagi. Yakni, dalam mengalirkan bola dan dalam memberikan tekanan setelah kehilangan bola,” tutur pemain berbanderol EUR 75 juta (Rp 1,19 triliun) tersebut.

Ketika De Jong diganti Busquets, Barca memang baru sukses membalikkan ketertinggalan.
Meski begitu, Valverde tetap semringah dengan potensi De Jong. ”Dia (De Jong, Red) pekerja keras dan mampu menambah kecepatan permainan kami. Dia juga selalu mampu menguasai bola,” katanya sebagaimana dikutip Marca.

Sosok De Jong pun memberi Valverde banyak opsi di lini tengah Barca. Sebab, persaingan
mediocampista (gelandang) sangat ketat. Juara bertahan La Liga itu punya sepuluh gelandang.

Yakni, Busquets, De Jong, Ivan Rakitic, Philippe Coutinho, Arturo Vidal, Arthur Melo, Rafinha, Carles Alena, Sergi Roberto, dan Riqui Puig. Dua nama lebih banyak ketimbang musim lalu.

Berkaca dari musim lalu pula, dari delapan pemain tengah, hanya dua yang mencatatkan jatah starter di atas 66,66 persen. Yakni, Busquets dan Rakitic. ”Musim ini jadi musim kompetisi (bagi gelandang, Red),” ucap Valverde kepada TV3.

Ada dua opsi bagi gelandang-gelandang Barca, antara bertahan sebagai pengganti atau dijual. “Saya tak tahu, apakah akan ada penjualan dan pembelian lagi yang akan dilengkapi. Tunggu apa yang terjadi,” warning Txingurri, julukan Valverde, yang berarti “Si Semut”.

Terlebih, dalam laga itu, Valverde juga memasukkan dua nama pesaing anyar dalam perebutan spot lini tengah. Yaitu Sergi Roberto dan gelandang jebolan La Masia Riqui Puig. Bahkan, Puig bermain sebagai starter. Sementara Sergi yang main lebih overlapping dari bek kanan yang jadi aktor di balik gol Suarez.

“Saya menikmatinya (main sebagai gelandang), dan saya harap akan banyak laga-laga di
musim ini seperti malam ini,” tutur Sergi, kepada TV3. Baik Sergi atau Puig sama-sama diminta Valverde untuk menopang front three Barca. “Valverde ingin aku lebih ke depan dengan assists atau gol,” ungkap pemain 19 tahun itu.

Kemarin, Barca bermain tanpa kaptennya Lionel Messi. Padahal sebelum laga, La Pulga,
julukan Messi, sempat memberi sambutan. Dengan Sergi atau Puig di sisi kanan, maka itu akan banyak menyuplai bola untuk Grizi, julukan Griezmann. “Gambaran Barca minus Messi musim depan,” tulis Sport dalam analisisnya. (jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here