THE GUNNERS MASIH PERCAYA EL MAESTRO

0
388
MASIH AMAN: Pelatih Arsenal Unai Emery memberikan instruksi di tepi lapanga

HARIANHALMAHERA.COM–Sudah enam pekan terakhir tagar #EmeryOut bergema di media sosial setiap kali Arsenal bermain tandang. Bagaimana tidak, hasil akhir yang diperoleh The Gunners saat berlaga di luar Stadion Emirates memang mengecewakan. Tidak pernah memang (3 kali seri, 3 kali kalah). Termasuk saat Arsenal tumbang. 0-2 oleh Leicester City di Stadion King Power.

Itu adalah laga keempat beruntun di Premier League yang tidak bisa dimenangkan skuad
asuhan Unai Emery tersebut. Itu sekaligus kali ketiga The Gunners kalah oleh tim di atas
peringkat mereka saat ini (peringkat keenam).

Namun begitu, Itu adalah laga keempat beruntun di Premier League yang tidak bisa dimenangkan skuad asuhan Unai Emery tersebut. Itu sekaligus kali ketiga The Gunners kalah oleh tim di atas peringkat mereka saat ini (peringkat keenam) Emery beruntung melatih Arsenal. Karena, dibandingkan sesama klub big six Premier League, Arsenal tak memiliki reputasi mendepak pelatih. Faktanya selama era Premier League hanya
tujuh nama tactician yang pernah menukangi klub London Utara itu. Hanya kalah dari
Manchester United yang dilatih enam nama pelatih.

Sampai tadi malam tak ada pernyataan Luis Enrique suksesor Emery di The Gunners, julukan Arsenal. Sebaliknya, pria Basque 48 tahun tersebut masih duduk manis di London Colney, kamp latihan Arsenal.

Padahal kekalahan kemarin disaksikan langsung oleh Direktur Sepakbola Raul Sanllehi dan
Direktur Teknis Edu. ”Semua petinggi Arsenal ada di belakang Emery,” klaim The Athletic
dalam laporannya.

”Emery akan berada di bench dalam laga berikutnya melawan Southampton di Emirates (23/11) dan klub yakin dia mampu mengubah situasi,” tambah The Athletic. Sikap dari petinggi Arsenal ini mengingatkan ketika Gooners, sebutan fans Arsenal, mendesak
Arsene Wenger agar mengundurkan diri. Tagar #WengerOut bergaung sejak 2016 – 2017,
Wenger baru lengser musim berikutnya. Itu juga karena Le Professeur, julukan Wenger, sendiri yang mengundurkan diri. Bukan dipecat. Bedanya, Wenger ketika itu belum sampai
mencatatkan rekor yang lebih buruk dari El Maestro, julukan Emery.

Mantan bomber Arsenal pada era 1990an, Ian Wright, menyebut “The Arsenal Way” tak lagi jadi ciri khas Arsenal pada era Emery. Arsenal tak lagi agresif. ”Satu shots on target malam ini! Dua kali menang dari 10 laga Premier League, tidak ada gaya atau gameplan yang definitif. Gol pembeda yang negatif. Tak ada peningkatan dalam bertahan. Begitu pula kreasi serangan,”kritik Wright, dalam kicauannya dalam akun Twitter @IanWright0.

Dia menganggap ini bukan salah Alexandre Lacazette atau Pierre-Emerick Aubameyang. Laca, sapaan akrab Lacazette, tak mencetak gol Premier League sejak matchweek 4. Sementara Aubameyang baru bikin satu gol dalam lima laga terakhirnya. Dia menuding startegi Emery-lah yang salah. ”Kami harus segera membuat keputusan Arsenal! Ini takkan membaik,” kecam pria yang kini jadi pandit di BBC Sports itu.

Dikutip laman resmi klub, Emery konfiden mampu mendekati empat besar lagi. ”Bagiku sebagai pelatih, ini tentang meneruskan lebih kuat lagi dan mengimprovisasi pemain kami. Aku telah bicara ke klub agar tetap tenang dan sabar menanti peningkatan dan pemulihan konfidensi pemain,” tutur mantan pelatih yang tren trofi musim pertamanya patah di Arsenal itu.

Soal boo dan desakan mundur dari fans? ”Aku menerima semuanya. Aku menerima saat mereka bertepuk tangan dan aku juga terima saat mereka mengkritisi kami. Aku tahu saat kami menang mereka senang, dan saat kami kalah mereka akan sedih. Ini normal,” tambahnya.

Salah satu pemain Arsenal, Callum Chambers, menyebut dia dan rekan-rekannya belum
menerapkan sistem permainan baru Emery kemarin. Terutama dengan menempatkan lima pemain di garis pertahanan. ”Aku pikir kami masih bisa sedikit mengontrol permainan dan sedikit lebih solid,” ucap Chambers, dilansir dari laman Evening Standard. Pelatih Leicester juga mengakuinya. ”Taktik itu membuat mereka jadi salah satu ancaman besar dalam serangan balik,” puji Rodgers, kepada Leicester Mercury.

Dia balik memuji Emery setelah tahu namanya juga masuk dalam gosip calon pengganti Emery di Arsenal bersama Lucho, sapaan akrab Enrique. ”Unai pelatih yang sangat hebat. Unai memahami pemainnya, tahu gaya mainnya dan formasi yang dia butuhkan agar bisa mencapai penampilan terbaik timnya. Dia pelatih hebat,” sebut Buck Rodgers, julukan Rodgers. (jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here