EdukasiZona Kampus

Siap-siap 400 Ribu KIP Kuliah di 2020

×

Siap-siap 400 Ribu KIP Kuliah di 2020

Sebarkan artikel ini
KARTU JOKOWI: KIP kuliah di 2020 mendatang ditargetkan lebih banyak penerima. (foto: scholae.co)

HARIANHALMAHERA.COM–Program beasiswa untuk pendidikan lewat Kartu Indonesia Pintar kuliah, terus digenjot Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Jika sebelumnya baru 130 ribu peneirma di 2019, tahun depan ditargetkan menjadi 400 ribu.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, hal ini dilakukan salah satunya sebagai langkah membangun sumber daya manusia (SDM) sesuai fokus pemerintah selama lima tahun ke depan.

“Bonus demografi yang kita miliki harus benar-benar kita optimalkan dengan mencetak sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan,” kata Nasir, dilansir republika.co.id.

Program ini, kata Nasir juga sedang dikomunikasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal tersebut dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi yang mengatakan rapat antara kedua kementerian sudah dimulai.

“KIP kuliah ini kan sebenarnya perluasan dari bidikmisi. Sehingga nanti anak-anak yanglulus SMA/SMK yang dapat program KIP memang layak mendapatkan KIP kuliah kita lanjutkan di sini, jadi berlanjut,” kata Didik.

Didik mengatakan, sasaran KIP tiap tahun selalu ditambahkan. Siswa SMA secara umum yang menjadi sasaran KIP berjumlah 1,4 juta dan khusus untuk kelas 3 SMA yakni sekitar 400 ribu.

Sementara siswa SMK yang menjadi penerima KIP berjumlah 1,7 juta dengan jumlah perkiraan lulusan kelas 3 SMK sekitar 500 ribu. “Tentu kan enggak semuanya masuk perguruan tinggi, sebagian kerja. Jadi nanti inputnya dari situ,” pungkas Didik.(rep/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *