EdukasiZona Kampus

Tak Tahu Minat, Banyak Mahasiswa salah Jurusan

×

Tak Tahu Minat, Banyak Mahasiswa salah Jurusan

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI: Banyak sarjana asal memilih jurusan tanpa tahu minat dan potensi diri. (foto: kompas.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Banyaknya mahasiswa menganggur pasca di wisuda, ternyata bukan persoalan sederhana. Dari survei  Indonesia Career Center Network (ICCN) pada 2017, 87 persen mahasiswa Indonesia mengaku salah jurusan.

Mengapa demikian? Dekan Psikologi Universitas Mercu Buana Muhammad Iqbal menuturkan, para lulusan SMA tersebut lebih memikirkan gengsi masuk ke perguruan tinggi ternama. ”Jurusannya entah apa aja. Terserah,” imbuhnya, dilansir JawaPos.com.

Karena itu, ketika menjalani perkuliahan, mereka kelimpungan. Merasa tidak sesuai keinginan. Akhirnya, berpikir praktis. Yang penting lulus. Iqbal membenarkan pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bahwa sarjana belum tentu punya kompetensi.

”Kami sepakat, untuk menjadi orang sukses, tidak cukup dengan kompetensi. Tapi harus dengan akhlak dan sikap (karakter, Red). Itu yang saat ini harus disatukan dan dipadukan,” tegasnya.

Karena itu, lanjut Iqbal, meningkatnya jumlah sarjana yang menganggur tidak terlepas dari sistem pendidikan yang hanya fokus mengejar nilai kognisi. Melupakan pengembangan karakter yang meliputi akhlak, kecakapan, kreativitas, kemandirian, dan sikap bertanggung jawab.

Iqbal menunjukkan data Badan Pusat Statisk (BPS) tentang jumlah penganggur per Februari 2019 yang memang menurun jika dibandingkan dengan dua tahun lalu. Namun, dari sisi pendidikan, jumlah lulusan diploma dan universitas ternyata bertambah. Ujian yang dilakukan dianggap hanya menilai seberapa jauh seorang anak menangkap kurikulum, tapi tidak mampu menilai kecerdasan secara umum.(jpc/fir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *