Belajar ‘Kepo’

0
502
Prisia Nasution (foto: lofficiel.co.id)

HARIANHALMAHERA.COM–KATA ‘kepo’ memang belum banyak yang paham. Kata yang dimunculkan generasi milenial ini, sering dipakai sebagai kata untuk menggambarkan seseorang yang ingin selalu mengetahui urusan orang lain.

Meski demikian, banyak juga generasi milenial yang hanya sebatas mengetahui artinya saja. Mereka tidak memahami darimana asal kata ‘kepo’ itu. Murni bahasa local, serapan dari bahasa asing, atau singkatan.

Nah, Prisia Nasution merupakan salah satu selebriti yang awalnya hanya mengetahui ‘kepo’ karena sudah sering dipakai. Namun, setelah dipelajarinya, ia pun membagikan pengetahuannya. Dan ternyata, menurut Prisia, ‘kepo’ merupakan singkatan dari bahasa Inggris.

“- K E P O – itu singkatan dari Knowing Every Particular Object. Artinya ya sama maknanya kayak mau tau aja,” ujar Prisia di laman Instagramnya, dilansir fimela.com.

Prisia pun menambahkan informasinya. “Knowing Every Particular Object (ingin tahu setiap urusan khusus/org lain). (kata sifat) suka mencampuri urusan orang lain; gapil; usil,” imbuhnya.

Menurut Prisia, kata kepo yang dikenal belakangan merupakan kata yang diserap dari bahasa Cina. Hal ini disampaikan oleh Prisia dalam ujung statusnya di media sosial.

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui dari mana asal muasal kata kepo. Karenanya Prisia mengatakan bahwa belajar atas segala hal yang baru merupakan sebuah keperluan.

“Asal: Bahasa Cina (Hokkian) kay poh (atau kaypo) #LearningSomethingNew #Everyday,” tutur Prisia.

Apa yang disampaikan Prisia ini merupakan sebuah pengetahuan baru bagi sebagian orang. Tak heran ketika ada komentar dari netizen yang mengatakan bahwa dirinya baru mengetahui. “Hahah baru tahu. Makasih ka,” ujar akun bernama auliaazahra_u.

Pun begitu, sebagian lagi merasa bingung atas penjelasan Prisia. “Jadi, asalnya dari bahasa Inggris atau bahasa Cina ka? kok jadi gak nyambung,” tukas akun gendriewipriyan.(fmc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here