Artis Multitalenta Itu Telah Pergi

Dorce Gamalama (21 Juli 1967 - 16 Februari 2022)

0
201
Dorce Gamalama (Foto : Istimewa)

HARIANHALMAHERA.COM–SETELAH tiga pekan keluar masuk rumah sakit berjuang melawan penyakit diabetes dan batu ginjal yang dideritanya sudah cukup lama, artis senior tanah air Dorce Gamalama akhirnya tutup usia.

Rabu (16/2) pagi sekitar pukul 07.30 WIB, artis yang terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi itu, menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simpung Jakarta Selatan (Jaksel) dalam usia 58 tahun.

Dorce wafat akibat komplokasi penyakit diabetes dan Covid-19. Karena itu, keluarga pun memutuskan memakamkan jenasah artis serbabisa ini dengan protkol Covid-19

Mimi Artati, sang ponakan menuturkan, Dorce baru dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (7/2) lalu. Ini diketahui setelah kondisi kesehatannya drop dan tidak sadarkan diri.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan terdapat virus pada bagian paru-paru. “Hari Sabtu (5/3) mama di RSPP masih dinyatakan negatif. Hari Senin pagi maka mulai drop nggak sadarkan diri. Setelah dirongten paru-parunya ada virus, dinyatakan positif lalu dibawa ke sini,” ceritanya

Mimi mengatakan Dorce sudah seminggu belakangan tidak sadarkan diri. Keluarga juga tidak bisa menjenguk sama sekali. Mereka hanya bisa melihat Dirce melalui video call

“Kalau mengirimkan sesuatu hanya bisa dititip tidak bisa ketemu langsung. Kondisi mama memang seminggu ini koma ya,” tuturnya.

Jenazah Dorce dimakamkan di tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Bantar Jati, Setu, Cipayung, Jakarta Timur Rabu siang. Dia dimakamkan sebagai laki-laki sesuai dengan jenis kelamin saat Dorce lahir.

Kepastian Dorce dimakamkan sebagai laki-laki diketahui stelah asrtis multitalenta itu disalatkan di Masjid Al Hayyu, kelurahan Lubang Buaya Cipayung. Kala itu ia disalatkan sesuai dengan nama lahirnya yaitu Dedi Yuliardi.

Fatimah, salah satu anak Dorce mengungkapkan alasan pihak keluarga membuat keputusan memakamkannya secara laki-laki. Dia mengatakan, Dorce memasrahkan sepenuhnya kepada keluarga apakah akan dimakamkan sebagai laki-laki atau perempuan.

“Mama sudah menyerahkan kepada kita anak-anaknya dan kita memutuskan sesuai dengan jenis kelamin lahirnya mama,” kata Fatimah.

Kepergian Dorce membuat banyak kalangan artis dan sejumlah tokoh merasa kehilangan. Salah satunya menteri BUMN Erick Thohir. “Innalilahi wa inna ilaihi Rajiun. Indonesia telah kehilangan sosok bunda yang sangat disayangi,” tulis Erick Thohir di akun faebooknya

Erick mengenang pertemuan terakhirnya dengan Dorce di RSPP. Banyak kenangan indah yang masih teringat jelas dibenak mantan pemilik klub Serie A Italia, Inter Milan ini. “Kemarin ini, saya sempat mengunjungi beliau di RSPP dan berbagi canda tawa, tidak menyangka bahwa akan ditinggal dalam waktu singkat,” tulisnya.(tic/jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here